UNGRADUATED PROGRAM

Peluang Beasiswa

Pelajari Selengkapnya

Prosedur dan Persyaratan


  • Unduh poster promosi PMB Prodi Magister HI UGM di sini.
  • Cek pilihan program minat dan kurikulum di halaman ini.
Persyaratan UmumPersyaratan KhususJadwalBiaya KuliahNarahubung
  1. Buat akun pendaftaran di situs web Ujian Masuk UGM.
  2. Unggah seluruh dokumen yang disyaratkan:
    • Panitia hanya akan memproses dokumen yang diunggah sesuai ketentuan dan sesuai jadwal;
    • Pindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas;
    • Guna menghindari gagal unggah, kami menyarankan agar Anda membatasi ukuran berkas 800 kb;
    • Seluruh dokumen diunggah dalam format PDF.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, Bank Syariah Mandiri (BSM), dan BNI SYARIAH. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini. Biaya pendaftaran tidak dapat ditarik atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apa pun.
  4. Cetak dan simpan Bukti Pendaftaran Anda. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program magister.
Berkas PersyaratanKeterangan
Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S-1 atau setara) dari berbagai latar Program Studi yang terakreditasi. Kami tidak menerima Surat Keterangan Lulus atau dokumen sejenis.Mahasiswa baru dengan latar studi sarjana non-HI wajib menyelesaikan matrikulasi sebelum kuliah dimulai.
Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang sebelumnya, S-1 atau setara, sebagai berikut:

  • >2,50 dalam skala 4 atau setara, bagi pendaftar lulusan Prodi terakreditasi A; atau
  • >2,75 dalam skala 4 atau setara, bagi pendaftar lulusan Prodi terakreditas B; atau
  • >3,00 dalam skala 4 atau setara, bagi pendaftar lulusan Prodi terakreditasi C.

Khusus bagi pendaftar program minat khusus Master of Arts in Digital Transformation and Competitiveness (MA in DTC), syarat IPK adalah >3,00 dalam skala 4 atau setara.
Salinan harus memuat seluruh halaman transkrip akademik.
Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S-1 atau setara. Status akreditasi adalah status saat ini, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Bukti berupa hasil pemindaian sertifikat atau tangkapan layar status akreditasi dari halaman web BAN-PT atau LAM-PTKes;
  • Prodi yang statusnya dalam proses perpanjangan dapat dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT atau LAM-PTKes. Kami tidak menerima surat keterangan dari Prodi.
  • Pendaftar lulusan luar negeri harus memiliki Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Kemdikbud sebagai pengganti.
Sertifikat hasil tes potensi akademik (TPA) yang masih berlaku, maksimal 2 (dua) tahun dari tanggal penerbitan sertifikat hingga tanggal penutupan unggah berkas. Pilih salah satu dari jenis tes berikut:

  1. PAPS UGM (jadwal tes);
  2. TPDA PLTI (jadwal tes);
  3. TPA Bappenas (jadwal tes).

Kami tidak menerima hasil prediksi, hasil sementara, surat keterangan, dan/atau dokumen sejenis; serta dokumen susulan setelah tenggat waktu.
Skor minimum:
  • PAPS UGM = 500
  • TPDA PLTI = 500
  • TPA Bappenas = 500
Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku, maksimal 2 (dua) tahun dari tanggal penerbitan sertifikat hingga tanggal penutupan unggah berkas. Pilih salah satu jenis tes berikut:

  1. AcEPT dari Pusat Bahasa UGM;
  2. TOEP dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI);
  3. IELTS dari institusi yang diakui oleh British Council, IALF, atau IDP;
  4. iBT TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF;
  5. ITP TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

Kami tidak menerima hasil prediksi, hasil sementara, surat keterangan, dan/atau dokumen sejenis; serta dokumen susulan setelah tenggat waktu.
Skor minimum:
  • AcEPT UGM = 268
  • TOEP PLTI = 55
  • IELTS = 5,5
  • iBT TOEFL = 61
  • ITP TOEFL = 500

Tabel konversi mengacu pada dokumen ini.
Perubahan sistem penilaian TOEP PLTI ke sistem tiga digit mengacu pada berkas ini.
Rekomendasi bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal pendaftar pada jenjang pendidikan sebelumnya. Bisa dosen pembimbing skripsi, pembimbing akademik, dan/atau atasan tempat kerja pendaftar.Sistem akan mengirim tautan formulir secara otomatis. Pastikan Anda mengisi alamat surel yang valid dan aktif.
Proyeksi keinginan pendaftar dalam mengikuti program Magister yang berisi minat penelitian dan alasan mendaftar ke program minat khusus yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah lulus.Sebutkan secara spesifik program minat khusus (MAIR atau DTC) yang Anda pilih. Format dapat diunduh di sini.
Proposal tesis sepanjang kurang lebih tiga halaman (1.000 kata) yang meliputi:

  1. judul tesis, nama lengkap, dan pilihan program minat;
  2. latar belakang;
  3. kajian literatur singkat;
  4. rumusan masalah;
  5. kerangka konseptual singkat;
  6. argumentasi utama;
  7. metodologi; dan
  8. daftar pustaka (tidak dihitung dalam total kata).

Batas waktu pengiriman Gelombang I pada 20 April 2023 dan Gelombang II pada 7 Juli 2023, sesuai dengan batas akhir pengiriman dokumen PMB UGM yang tertera pada akun pendaftaran Anda.
Proposal wajib dikirim ke alamat surel hi@ugm.ac.id dengan subjek Proposal Tesis_Nama Lengkap
Pastikan alamat surel yang Anda gunakan valid dan aktif. Sebaiknya gunakan surel yang Anda pakai untuk membuat akun UM UGM
Surat izin/tugas belajar dari instansi kerja. Syarat ini berlaku khusus bagi pendaftar yang sudah bekerja (memiliki ikatan kontrak kerja).Format dapat diunduh di sini.
Dokumen beasiswa berupa salinan dari salah satu dokumen berikut ini:
  1. Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU);
  2. Perjanjian Kerja Sama (PKS); atau
  3. Surat Keterangan sebagai penerima beasiswa.
Syarat ini berlaku khusus bagi pendaftar jalur beasiswa.
Surat Pernyataan Keaslian Dokumen yang telah ditandatangani di atas meterai Rp10.000.Format dapat diunduh di sini.

Jadwal dan tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana UGM untuk Tahun Ajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut:

Gelombang I:

KeteranganTanggal
Pendaftaran (unggah berkas di um.ugm.ac.id)8 Maret–20 April 2023
Verifikasi dokumen oleh tim seleksi16 Maret–28 April 2023
Tes wawancara2–3 Mei 2023
Pengumuman hasil seleksi (melalui akun pendaftaran)9 Mei 2023
Registrasi calon mahasiswa baru **10–16 Mei 2023
Pengumuman hasil verifikasi dokumen pendaftaran dan informasi besaran UKT17 Mei 2023
Pembayaran UKT17–24 Mei 2023
Cetak bukti registrasi dan NIU (melalui akun pendaftaran)17–31 Mei 2023
Mulai kegiatan akademikAgustus 2023

Gelombang II:

KeteranganTanggal
Pendaftaran (unggah berkas di um.ugm.ac.id)22 Mei–7 Juli 2023
Verifikasi dokumen oleh tim seleksi28 Mei–14 Juli 2023
Tes wawancara17–18 Juli 2023
Pengumuman hasil seleksi (melalui akun pendaftaran)25 Juli 2023
Registrasi calon mahasiswa baru **26–31 Juli 2023
Pengumuman hasil verifikasi dokumen pendaftaran dan informasi besaran UKT1 Agustus 2023
Pembayaran UKT1–7 Agustus 2023
Cetak bukti registrasi dan NIU (melalui akun pendaftaran)1–31 Agustus 2023
Mulai kegiatan akademikAgustus 2023
Keterangan:
  • Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional UGM hanya membuka pendaftaran satu kali setiap tahun, yaitu pada periode Semester Ganjil (mulai kuliah bulan Agustus).
  • Pendaftar yang belum lolos pada Gelombang I dapat kembali mencoba pada Gelombang II.
  • Calon mahasiswa baru memiliki 3 (tiga) pilihan saat periode registrasi:
    • Menyelesaikan proses registrasi dan melakukan pembayaran UKT;
    • Mengajukan pengunduran diri;
    • Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode pendaftaran berikutnya.

Seluruh program minat di bawah Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional UGM ditempuh selama 3 (tiga) semester, dengan 2 (dua) semester perkuliahan dan 1 (satu) semester penyusunan tesis. Biaya pendidikan untuk masing-masing program adalah sebagai berikut:

Program MinatBiaya per Semester
MA in International Relations (MAIR)Rp12.500.000
MA in Global Humanitarian Diplomacy (GHD)Rp12.500.000
MA in Global Trade Diplomacy (GTD)Rp12.500.000
MA in Digital Transformation and Competitiveness (DTC)Rp15.000.000

Seluruh pertanyaan mengenai prosedur pendaftaran mahasiswa baru Prodi Magister HI UGM dapat disampaikan melalui narahubung berikut. Mohon langsung menyampaikan keperluan, komentar, atau pertanyaan. Pesan berupa salam atau sapaan, tanpa disertai keterangan apa pun, tidak akan dibalas.

Jam layanan: 08.00–16.00 (Senin–Jumat)

Nurhawira Gigih Pramono (Ogik)
Staf Pengembangan Prodi Magister HI UGM
WA: 0878-7303-0222   |  Surel: hi@ugm.ac.id

halaman ini terakhir diperbarui pada 8 Maret 2023