Prodi Magister: Kurikulum
Telusuri beragam minat khusus yang kami tawarkan dan unduh silabus mata kuliah.
Pelajari Kurikulum
Prodi Magister: Admisi
Kami membuka kesempatan bagi lulusan Sarjana (S-1) dari semua bidang keilmuan.
Daftar Sekarang
Prodi Magister: Beasiswa
Tersedia berbagai peluang beasiswa bagi calon mahasiswa baru.
Pelajari Peluang Beasiswa
Previous slide
Next slide

Penerimaan Mahasiswa Baru

terakhir diperbarui pada tanggal 23 Februari 2024 dan berlaku untuk PMB Pascasarjana UGM Semester Gasal T.A. 2024/2025

Sebelum mulai mempelajari syarat pendaftaran, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Sebaiknya buka halaman ini di tampilan peramban (browser) versi komputer;
  2. Cek kurikulum dan opsi minat studi yang kami tawarkan di sini; dan
  3. Pelajari peluang beasiswa di sini.

Prosedur dan Persyaratan

Pengunggahan Dokumen

  1. Buat akun pendaftaran di situs web Ujian Masuk UGM.
  2. Unggah seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya akan memproses dokumen yang diunggah sesuai ketentuan dan jadwal.
  3. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan bahasa Inggris (TKBI).
  4. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli dengan ukuran 150—800 kb dan format PDF untuk tiap berkas. Salinan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi.
  5. Isi data nama dan alamat surel dari dua orang pemberi rekomendasi. Pastikan bahwa alamat surel tersebut adalah alamat yang aktif. Panduan pengisian rekomendasi dapat dilihat di halaman ini.

Pembayaran

  1. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apa pun.
  2. Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi skor TKBI dan TPA dapat mendaftar kembali pada gelombang berikutnya. Silakan hubungi narahubung untuk mengajukan pembebasan biaya pendaftaran (waiver).
  3. Cetak dan simpan bukti pendaftaran Anda. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila Anda dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program magister.
DokumenKeterangan
Ijazah asli dari Program Studi Sarjana (S-1) yang sudah terakreditasi, tanpa syarat latar keilmuan tertentu.

Pendaftar dengan gelar sarjana non-HI wajib menyelesaikan matrikulasi sebelum perkuliahan semester pertama dimulai.
Surat Keterangan Lulus (SKL) hanya berlaku bagi mahasiswa UGM.
Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada Prodi S-1, dengan kriteria sebagai berikut:

  • >2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan Prodi terakreditasi A; atau
  • >2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan Prodi terakreditas B; atau
  • >3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan Prodi terakreditasi C.

Sertifikat akreditasi Prodi S-1, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Akreditasi Prodi saat ini, dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau cetakan tampilan (print screen) akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  • Bagi Prodi yang sedang memperpanjang akreditasi, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari perguruan tinggi tersebut.
  • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari Kemendikbud sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
Kami tidak menerima Surat Keterangan dalam bentuk apa pun sebagai pengganti sertifikat atau tanda terima borang akreditasi.
Sertifikat hasil tes potensi akademik (TPA) yang masih berlaku, maksimum dua tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat sampai tanggal penutupan pendaftaran.

Pilih salah satu jenis TPA berikut:

  1. PAPS UGM. Contoh sertifikat tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan jadwal tes;
  2. TPDA PLTI. Contoh sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) PLTI dan jadwal tes;
  3. TPA Bappenas. Contoh sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas dan jadwal tes.
Syarat skor minimum Prodi:
  • PAPS UGM = 500
  • TPDA PLTI = 500
  • TPA Bappenas = 500


Kami tidak menerima hasil tes prediksi atau hasil tes di luar penyedia tes resmi.

Penyusulan dokumen harus dilakukan H-2 sebelum tes substansi melalui alamat surel hi@ugm.ac.id dengan melampirkan Surat Keterangan atau unofficial score report yang menyebutkan nama peserta, skor, dan tanggal tes sebelum tenggat pendaftaran.
Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris (TKBI)yang masih berlaku, maksimum 2 (dua) tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat hingga tanggal penutupan unggah berkas.

Pilih salah satu jenis tes berikut:
  1. AcEPT UGM dari Pusat Bahasa UGM. Contoh sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM dan jadwal tes;
  2. TOEP dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Contoh sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) PLTI dan jadwal tes;
  3. IELTS dari institusi yang diakui oleh British Council, IALF, atau IDP. Contoh sertifikat International English Testing System (IELTS) dan jadwal pelaksanaan tes IELTS IDP, tes IELTS British Council, serta tes IELTS IALF;
  4. iBT TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF. Contoh sertifikat Internet-Based (iBT) TOEFL dan jadwal tes;
  5. ITP TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF. Contoh sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan jadwal tes


Tabel konversi mengacu pada dokumen ini.

Khusus sertifikat TOEP PLTI ada pengubahan sistem penilaian ke sistem tiga digit, klik di sini.
Skor minimum Prodi:
  • AcEPT UGM = 268
  • TOEP PLTI = 55
  • IELTS = 5,5
  • iBT TOEFL = 61
  • ITP TOEFL = 500


Kami tidak menerima hasil tes prediksi atau hasil tes di luar penyedia tes resmi.

Penyusulan dokumen harus dilakukan H-2 sebelum tes substansi melalui alamat surel hi@ugm.ac.id dengan melampirkan Surat Keterangan atau unofficial score report yang menyebutkan nama peserta, skor, dan tanggal tes sebelum tenggat pendaftaran.


Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon mahasiswa, antara lain:
  • dosen pada program pendidikan sebelumnya. Misalnya dosen pembimbing akademik atau dosen pembimbing/penguji skripsi, dan/atau
  • atasan tempat kerja pendaftar.


  • Tautan untuk memberikan rekomendasi akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui surel. Pastikan alamat surel pemberi rekomendasi masih berlaku dan aktif.
Panduan pengisian rekomendasi dapat dilihat di sini.
Proyeksi keinginan calon mahasiswa calon mahasiswa yang berisi, antara lain, alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah.

Format dapat diunduh di sini.
Mohon tambahkan nama lengkap dan minat khusus yang ingin Anda pilih.

Proposal tesis sepanjang maksimal 4 halaman A4 (1.200 kata), yang terdiri dari:

  1. nama lengkap dan minat khusus yang dipilih;
  2. judul proposal;
  3. latar belakang;
  4. kajian literatur singkat;
  5. rumusan masalah;
  6. kerangka konseptual singkat;
  7. argumentasi utama; dan
  8. metodologi.


Sertakan juga daftar pustaka (tidak dihitung ke dalam total kata/halaman).

Proposal wajib dikirim ke alamat surel hi@ugm.ac.id dengan subjek Proposal Tesis_Pilihan Minat Khusus_Nama Lengkap.


Proposal tesis dikirim sesuai dengan tenggat pendaftaran yang tertera pada akun UM UGM Anda.
Surat izin/tugas belajar dari instansi kerja. Format dapat diunduh di sini.

Khusus bagi pendaftar yang sudah bekerja.
Bukti sebagai pendaftar atau penerima beasiswasesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih:

  • Jalur Beasiswa, jika Anda dalam proses pendaftaran beasiswa. Bukti yang diunggah dapat berupa salinan formulir pendaftaran atau salinan pengumuman tahapan seleksi yang terakhir dilalui.
  • Jalur Kerja Sama, jika Anda sudah berstatus sebagai penerima beasiswa. Bukti yang diunggah dapat berupa salinan Surat Keterangan sebagai Penerima Beasiswa (LOA) atau Surat Jaminan (LOG) dari penyedia beasiswa.
Pendaftar jalur mandiri (biaya sendiri) tidak perlu melampirkan dokumen ini.

Surat Pernyataan Keaslian Dokumen yang telah ditandatangani di atas meterai Rp10.000.
Format dapat diunduh di sini.

Pada PMB Pascasarjana UGM Tahun Ajaran 2024/2025, kami hanya membuka pendaftaran pada Gelombang II dan Gelombang IV.

TahapanGelombang IIGelombang IV
Pendaftaran dan unggah berkas 26 Maret—16 April 202411 Juni—2 Juli 2024
Verifikasi dokumen pendaftaran26 Maret—19 April 202411 Juni—5 Juli 2024
Tes substansi (wawancara)19 April 2024 5 Juli 2024
Pengumuman hasil seleksi (melalui akun pendaftaran)25 April 202411 Juli 2024
Registrasi daring bagi yang diterima *29 April—31 Juli 202412—31 Juli 2024
Hasil verifikasi dokumen registrasi dan penetapan UKT7 Mei 202418 Juli 2024
Periode pembayaran UKT7 Mei—31 Juli 202418—31 Juli 2024
Mulai kegiatan akademik
12 Agustus 2024

Keterangan tambahan:

  1. Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional UGM hanya membuka pendaftaran satu kali setiap tahun, yaitu pada periode Semester Ganjil (mulai kuliah bulan Agustus).
  2. Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi skor TKBI dan TPA dapat mendaftar kembali pada gelombang berikutnya. Silakan hubungi narahubung untuk mengajukan pembebasan biaya pendaftaran (waiver).
  3. Pendaftar memiliki tiga pilihan saat periode registrasi:
    • Menyelesaikan proses registrasi dan melakukan pembayaran UKT;
    • Mengajukan pengunduran diri. Silakan hubungi narahubung Prodi; atau
    • Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode pendaftaran berikutnya. Silakan hubungi narahubung Prodi
  4. Calon mahasiswa yang menunda registrasi (defer) pada tahun sebelumnya dapat mengajukan permohonan pembebasan biaya pendaftaran (waiver) dengan menghubungi narahubung.

Biaya pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp500.000.

Apabila calon mahasiswa baru telah dinyatakan lolos seleksi, maka dapat melanjutkan registrasi dengan membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) semester pertama.

Biaya UKT per semester adalah sebagai berikut:

ProgramUKT/per semester
Master of Arts in International Relations (MAIR)Rp12.500.000
Minat khusus Digital Transformation and Competitiveness (DTC)Rp15.000.000
Minat khusus Global Trade Diplomacy (GTD)tidak dibuka
Minat khusus Global Humanitarian Diplomacy (GHD)tidak dibuka

Hubungi Kami

Seluruh pertanyaan mengenai penerimaan mahasiswa baru dapat disampaikan melalui narahubung. Mohon langsung menyampaikan poin pertanyaan atau komentar. Pesan berupa salam, sapaan, foto, atau tautan tanpa disertai keterangan penjelas tidak akan dibalas.

Waktu layanan

Senin—Jumat, 08.00—16.00 WIB

Narahubung

N. Gigih Pramono (Ogik)
Asisten Pengembangan Prodi Magister
WhatsApp : 0823-2632-0009 (chat only)
Surel : hi@ugm.ac.id 

Kurikulum

Telusuri beragam minat khusus yang kami tawarkan dan unduh silabus mata kuliah.

Beasiswa

Tersedia berbagai peluang beasiswa bagi calon mahasiswa baru.