Kurikulum
Telusuri beragam minat khusus yang kami tawarkan dan unduh silabus mata kuliah.
Pelajari Kurikulum
Admisi
Kami membuka kesempatan bagi lulusan Sarjana (S-1) dari semua bidang keilmuan.
Daftar Sekarang
Beasiswa
Tersedia berbagai peluang beasiswa bagi calon mahasiswa baru.
Pelajari Peluang

Penerimaan Mahasiswa Baru

Prodi Magister Ilmu Hubungan Internasional membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) satu kali dalam setahun, yakni pada PMB Pascasarjana UGM Periode Semester Gasal (mulai berkuliah setiap Agustus). Pada PMB ini, kami membuka beberapa jalur pendaftaran, yaitu:

  1. Jalur Reguler yang terdiri dari tiga skema: 
    • Biaya Sendiri, bagi mahasiswa yang mendaftar dengan biaya sendiri;
    • Kerja Sama, bagi (1) pendaftar yang SUDAH DITERIMA sebagai penerima beasiswa oleh lembaga pemberi beasiswa dan dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa; atau (2) pendaftar yang dibiayai oleh mitra UGM dan dibuktikan dengan nota kesepahaman (MoU) atau perjanjian kerja sama (PKS) yang masih berlaku.
    • Pelamar Beasiswa, bagi pendaftar yang SEDANG dalam proses mendaftar beasiswa atau menunggu hasil seleksi.
  2. Jalur Internasional, yang khusus diperuntukkan bagi warga negara asing (WNA). Pendaftaran mahasiswa internasional dikelola secara terpusat oleh Kantor Urusan Internasional UGM. Silakan cek ke halaman ini.

Jadwal dan Tahapan

Jadwal seleksi dapat berubah sesuai ketentuan dari Panitia UM UGM. Silakan cek halaman web UM UGM secara berkala. Apabila ada perbedaan jadwal pendaftaran (unggah berkas), pengumuman hasil seleksi, atau registrasi; silakan mengacu pada informasi pada halaman UM UGM.

TahapanGelombang 1Gelombang 2Gelombang 3Gelombang 4
Pendaftaran(tidak buka)12 Feb–12 Mar 202515 April–14 Mei 202510 Juni–2 Juli 2025
Tes wawancara via Zoom*(tidak buka)19–21 Maret 2025
(belum ditentukan)
20–22 Mei 2025 (belum ditentukan)8–10 Juli 2025 (belum ditentukan)
Pengumuman hasil seleksi(tidak buka)26 Maret 202528 Mei 202516 Juli 2025
Registrasi daring bagi yang diterima**(tidak buka)27 Mar–31 Juli 20252 Juni–31 Juli 202517–31 Juli 2025
Hasil verifikasi dokumen registrasi dan penetapan UKT(tidak buka)16 April 202510 Juni 202523 Juli 2025
Periode pembayaran UKT dan penerbitan NIU(tidak buka)16 April–31 Juli 202510 Juni–31 Juli 202523–31 Juli 2025
Mulai kegiatan akademikAgustus 2025

Keterangan tambahan:

  1. Prodi akan mengirim undangan tes wawancara kepada kandidat yang lolos seleksi berkas melalui surel. Pastikan Anda memeriksa kotak masuk dan folder spam di surel Anda secara berkala selama periode pendaftaran.
  2. Pendaftar memiliki tiga pilihan saat periode registrasi:
    • Menyelesaikan proses registrasi dan melakukan pembayaran UKT;
    • Mengajukan pengunduran diri. Silakan hubungi narahubung Prodi; atau
    • Mengajukan penundaan registrasi (defer) ke periode pendaftaran berikutnya. Silakan hubungi narahubung Prodi
  3. Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi skor TKBI dan TPA dapat mendaftar kembali pada gelombang berikutnya (hanya berlaku pada tahun yang sama). Silakan hubungi narahubung untuk mengajukan pembebasan biaya pendaftaran (waiver).
  4. Calon mahasiswa yang menunda registrasi (defer) pada tahun sebelumnya dapat mengajukan pembebasan biaya pendaftaran (waiver) dengan menghubungi narahubung.

Biaya Pendidikan

Biaya pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp500.000.

Calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lolos seleksi dapat melanjutkan registrasi dengan membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) semester pertama, dengan rincian sebagai berikut:

ProgramUKT/per semester
Reguler, konsentrasi MAIRRp12.500.000
Reguler, konsentrasi DTCRp15.000.000
Mahasiswa internasional, konsentrasi MAIR (reguler)Rp30.000.000

Prosedur dan Persyaratan

Verifikasi Dokumen
  1. Buat akun pendaftaran di situs web Ujian Masuk UGM.
  2. Unggah seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Panitia HANYA akan memproses dokumen yang diunggah sesuai ketentuan dan jadwal.
  3. Unggah hasil pemindaian (scan) dokumen asli dengan ukuran 150—800 kb dan format PDF untuk setiap berkas. Salinan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi.
Pembayaran
  1. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dibayar tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain atau ke periode berikutnya dengan alasan apa pun.
  2. Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi skor TKBI dan TPA dapat mendaftar kembali pada gelombang berikutnya. Silakan kontak narahubung kami untuk mengajukan pembebasan biaya pendaftaran (waiver).
  3. Cetak dan simpan bukti pendaftaran Anda. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila Anda dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program magister.
DokumenKeterangan
Ijazah asli dari prodi sarjana (S-1) yang sudah terakreditasi dari semua bidang ilmu.

Pendaftar dengan gelar sarjana non-HI wajib menyelesaikan matrikulasi yang akan diselenggarakan satu pekan sebelum perkuliahan semester pertama dimulai.

  • Surat Keterangan Lulus (SKL) hanya berlaku bagi mahasiswa UGM.

Transkrip nilai asli dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) pada Prodi S-1 ≥3,00 dalam skala 4 atau setara. Salinan wajib memuat seluruh halaman transkrip.

Sertifikat akreditasi prodi S-1, dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Akreditasi saat ini, dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau cetakan tampilan (print screen) akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  • Bagi Prodi yang sedang memperpanjang akreditasi, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari perguruan tinggi tersebut.
  • Pendaftar lulusan luar negeri harus memiliki surat keputusan penyetaraan ijazah dari Kemendikbud sebagai pengganti sertifikat akreditasi.


Kami tidak menerima surat keterangan dalam bentuk apa pun sebagai pengganti sertifikat atau tanda terima borang akreditasi.
Sertifikat hasil tes potensi akademik (TPA) yang masih berlaku, maksimum dua tahun dari tanggal penerbitan sertifikat s.d. tanggal penutupan pendaftaran.

Pilih salah satu jenis TPA berikut:
  1. PAPs UGM. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes;
  2. TPDA PLTI. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes;
  3. TPA Bappenas. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes.


Syarat skor minimum Prodi:
  • PAPs UGM = 500
  • TPDA PLTI = 500
  • TPA Bappenas = 500


Kami tidak menerima hasil tes prediksi atau hasil tes di luar penyedia tes resmi.
Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris (TKBI)yang masih berlaku, maksimum 2 (dua) tahun dari tanggal penerbitan sertifikat s.d. tanggal penutupan pendaftaran.

Pilih salah satu jenis tes berikut:
  1. AcEPT dari Pusat Bahasa UGM. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes;
  2. TOEP dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Cek contoh sertifikat dan jadwal tes;
  3. IELTS dari institusi yang diakui oleh British Council, IALF, atau IDP. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes IELTS IDP, jadwal tes IELTS British Council, serta jadwal tes IELTS IALF;
  4. iBT TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes;
  5. ITP TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF. Cek contoh sertifikat dan jadwal tes


Skor minimum Prodi:
  • AcEPT UGM = 268
  • TOEP PLTI = 55 (484)
  • IELTS = 5,5
  • iBT TOEFL = 61
  • ITP TOEFL = 500


Kami dapat menerima Unofficial Score Report TOEFL dengan syarat sertifikat asli disusulkan ke alamat surel hi@ugm.ac.id paling lambat pada hari pelaksanaan tes wawancara. Apabila ada perbedaan antara keterangan tes dan skor yang tertera padaunofficial report dengan yang tertera di sertifikat resmi, panitia dapat mendiskualifikasi peserta.

Kami tidak menerima hasil tes prediksi atau hasil tes di luar penyedia tes resmi.
Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon mahasiswa. Tautan untuk mengisi rekomendasi secara daring akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email.

Pastikan alamat email pemberi rekomendasi yang Anda isikan adalah alamat email yang valid dan aktif. Panduan pengisian rekomendasi dapat dilihat di halaman ini.

Rekomendasi dapat diberikan oleh:
  • Dosen pembimbing akademik, dosen pembimbing skripsi, dosen penguji skripsi, pengurus Prodi; dan/atau
  • Atasan di tempat kerja

Bukti sebagai pendaftar atau penerima beasiswa sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih:
  • Pelamar Beasiswa. Dibuktikan dengan salinan formulir pendaftaran atau status peserta di sistem web beasiswa.
  • Kerja Sama. Dibuktikan dengan salinan MoU atau surat penetapan/hasil seleksi sebagai penerima beasiswa.


  • Pelamar Beasiswa, jika Anda SEDANG dalam proses mendaftar beasiswa atau menunggu hasil seleksi.
  • Kerja Sama, jika Anda sudah berstatus sebagai penerima beasiswa. baik atas dasar rekomendasi oleh mitra kerja sama UGM atau karena sudah dinyatakan lolos seleksi oleh penyedia beasiswa.

Proyeksi keinginan calon mahasiswa yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah. Format dapat diunduh di halaman ini.

Sertakan nama lengkap dan kode konsentrasi (MAIR/DTC) yang Anda pilih.
Surat izin atau tugas belajar dari instansi tempat kerja Anda. Format dapat diunduh di halaman ini.

Khusus bagi pendaftar yang sudah bekerja.
Proposal tesis sepanjang maksimal 1.200 kata (4 halaman A4), yang terdiri dari:
  1. nama lengkap dan kode konsentrasi yang dipilih;
  2. judul;
  3. latar belakang;
  4. kajian literatur singkat;
  5. rumusan masalah;
  6. kerangka konseptual singkat;
  7. argumentasi utama;
  8. metodologi; dan
  9. Daftar pustaka (tidak dihitung ke dalam total kata/halaman).


  • Proposal wajib dikirim ke alamat email hi@ugm.ac.id dengan subjek Proposal Tesis_Kode Konsentrasi_Nama Lengkap. Gunakan email yang terdaftar di web UM UGM.
  • Kode konsentrasi: MAIR atau DTC. Silakan cek halaman kurikulum untuk mempelajari pilihan konsentrasi.
  • Proposal tesis dikirim sesuai dengan tenggat pendaftaran pada gelombang yang diikuti
.
Surat Pernyataan Keaslian Dokumen yang telah ditandatangani di atas meterai Rp10.000.

Format dapat diunduh di halaman ini.

Narahubung Prodi Magister

Kirim pesan teks ke WhatsApp 0823-2632-0009 atau alamat surel hi@ugm.ac.id pada hari dan jam kerja (Senin–Jumat, 08.00–16.00 WIB). Mohon langsung sampaikan maksud dan tujuan. Pesan pertama yang hanya berupa gambar, file, atau salam/sapaan tidak akan dibalas.