01 Juli 2021 By admin hi

Kemlu dan DIHI UGM Sukses Menyelenggarakan Kegiatan ‘Ngobrol Rekrutmen Kementerian Luar Negeri RI 2021’

Kemlu dan DIHI UGM Sukses Menyelenggarakan Kegiatan ‘Ngobrol Rekrutmen Kementerian Luar Negeri RI 2021’

Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DIHI) UGM bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI sukses menyelenggarakan acara “Ngobrol Rekrutmen Kementerian Luar Negeri RI 2021” pada hari Jumat, 25 Juni 2021 secara virtual melalui Zoom. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta dan menghadirkan Bapak Agus Hidayatulloh, Kepala Subbagian Formasi dan Pengadaan Kementerian Luar Negeri RI sebagai narasumber.

 

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua DIHI UGM, Dr. Nur Rachmat Yuliantoro, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Luar Negeri RI, Bapak Winanto Adi. Dalam sambutannya, Pak Winanto berharap semakin banyak alumni HI UGM yang berkarir sebagai Diplomat di Kementerian Luar Negeri. Beliau mengatakan bahwa jumlah formasi Jabatan Fungsional Diplomat yang dibuka untuk Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 merupakan jumlah yang terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Beliau berpesan bahwa untuk menjadi seorang Diplomat, perlu persiapan mental yang kuat, kemampuan untuk cepat beradaptasi, dan daya tahan terhadap stress yang tinggi untuk menghadapi tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Diplomat hidup berpindah-pindah antarnegara dan antarbenua. Beliau juga meminta peserta acara untuk mempersiapkan kesehatan fisik dan substansi untuk menghadapi rangkaian proses rekrutmen CPNS.

 

 

Selanjutnya, Bapak Agus Hidayatulloh memberikan pemaparan mengenai profil organisasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI serta jabatan-jabatan Aparatur Sipil Negara di Kemlu yang dibagi ke dalam tiga kelompok: Core Business, Supporting, dan Technical Supporting. Jabatan Fungsional Diplomat termasuk ke dalam Core Business Kemlu dan menyandang status Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN) yang memiliki pola penugasan di Kemlu dan Perwakilan RI di luar negeri secara reguler.

 

 

Pada Rekrutmen CPNS Tahun 2021, Kemlu akan membuka sekitar 140 formasi untuk Jabatan Fungsional Diplomat. Beberapa berkas administrasi yang perlu dipersiapkan oleh peserta untuk mengikuti proses rekrutmen ini antara lain Surat Lamaran, KTP, Surat Pernyataan, Ijazah dan Transkrip Nilai asli, Daftar Riwayat Hidup terakhir, Pas Foto terbaru, serta Sertifikat Bahasa Asing. Setelah Seleksi Administrasi, peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Jumlah peserta yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), adalah sebanyak tiga kali jumlah formasi dengan sistem pemeringkatan nilai SKD. Pada tahap SKB, akan ada empat jenis tes yang dilakukan oleh Kemlu untuk mendapatkan peserta terbaik sebagai CPNS yakni Tes Kesehatan Fisik dan Psikis, Tes Substansi Jabatan, Tes Kemampuan Bahasa Asing, serta Tes Esai dan Wawancara.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang sangat mendetail dan direspon secara antusias oleh peserta, yang kemudian diakhiri dengan pesan-pesan dari Bapak Winanto yang meminta peserta untuk selalu berpikir, berperasaan, berbicara, dan melakukan hal-hal yang positif.

Penulis: Melisa Rachmania

Editor: Arlitadian Pratama