Berita Terbaru

Agenda Kunjungan Tim Riset IIS UGM ke Republik Demokratik Timor Leste : Bagian Pertama

Tim peneliti Hibah Riset FISIPOL dari Institute of International Studies (IIS) UGM telah melaksanakan kunjungan ke Dili, Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), yang berlangsung pada tanggal 7-12 Juli 2019 sebagai bagian dari rangkaian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FISIPOL UGM 2019 dan Nusa Tenggara Timur yang bertajuk ‘Solving the Territorial Border Dispute between the Republic of Indonesia and the Democratic Republic of Timor Leste in Hau Meni- Ana and Manusasi, District of Kefamenanu, Regency of Nort East Timor, Province of East Nusa Tenggara through Compliance to the Agreement and Prevention of Issue Internationalization”. Dalam penelitian tersebut, tim peneliti yang terdiri dari Dr. Siti Mutiah Setiawati, MA, Dra Ratnawati, SU, dan Dra. Susi Daryanti, M.Sc serta dibantu oleh Muhammad Indrawan Jatmika, MA, sebagai asisten peneliti berkesempatan untuk melakukan audiensi dan observasi mendalam terhadap pemangku kebijakan, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lain yang berhubungan dengan urusan perbatasan Indonesia dan RDTL.

Diskusi Terbatas “Manajemen Riset” dengan PolGov: Pentingnya Diskusi Antar Tim

Pada hari Selasa (26/6), Institute of International Studies (IIS) melaksanakan sesi diskusi terbatas terkait “Manajemen Riset” bekerja sama dengan Research Center for Politics and Governance (PolGov) Departemen Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada (DPP UGM). Kegiatan dilaksanakan di ruang diskusi IIS dan diikuti oleh staf IIS dan PolGov. Diskusi ini menjadi medium berbagi pengetahuan antar kedua lembaga riset mengenai proses penelitian, mulai dari tahap perencanaan hingga pengelolaan luaran riset.

Indo Pacific IIS UGM

Indo-Pasifik Sentral bagi Politik Luar Negeri India Kontemporer

Jumat (24/5), Institute of International Studies menyelenggarakan forum CANGKIR TEH (Berbincang dan Berpikir tentang Hubungan Internasional) untuk ke-2 kalinya. Pada kesempatan kali ini, tema yang diangkat ialah “Konseptualisasi Indo-Pasifik: Visi India Melampaui Batasan Geografis” dengan menghadirkan Habibah Hermanadi, S.I.P., peneliti Institute of International Studies yang sedang melaksanakan studi master di University of Delhi, India. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang BA-504 FISIPOL UGM dan secara garis besar mencoba membahas mengapa India mengkonstruksikan kerangka Indo-Pasifik dan bagaimana India menggunakan konsep tersebut dalam konteks kebijakan luar negerinya.

Beyond the Great Wall #3: Memperdalam Wawasan Mengenai Produk Kebijakan Cina

Seiring menguatnya peran Cina dalam konstelasi politik global, perdebatan atas produk-produk kebijakan yang dihasilkan negara tersebut selalu menarik untuk didiskusikan. Beberapa diantara kebijakan Cina yang cukup menyorot atensi internasional yakni One Child Policy, serta mega proyek terbaru yakni Belt and Road Initiatives (BRI).


Agenda

  • Hi, ada info menarik dari @komahi_ugm nih yuuuk disimak gengs 😊 [PENDAFTARAN EARLY BIRD SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR ESSAY] 
Yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir kembali! 
Pendaftaran gelombang 'early bird' Yogyakarta Youth Strategic Forum 2019 untuk seminar nasional dan call for essay resmi dibuka! ✨ Daftarkan diri kalian melalui ugm.id/YYSF2019 ✨

Dan tunggu petunjuk berikutnya dari panitia melalui email resmi YYSF 2019 youthstrategifforum.yk@gmail.com serta media sosial kami @yysf_ugm! 
Jadilah bagian dari acara bergengsi Nasional dan libatkanlah diri teman-teman kedalam proses perumusan kebijakan pemerintahan Republik Indonesia! 🌊

Salam maritim! .
Pantau kami di 
instagram : yysf_ugm
OA line : @hcz9585p 
#YYSF2019
  • Tahukah kamu?
Enam puluh dua tahun yang lalu, tepat pada tanggal 10 Juli 1957, Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM menjadi institusi pertama yang mengajarkan ilmu hubungan internasional di Indonesia.

Selamat ulang tahun, DIHI UGM @hi.ugm! 🎉

#HI #HIUGM #DekatBersahabat

VISITING LECTURERS

Hankuk University
Osaka University
Malmo University
Macquarie University