Institute of International Studies membuka kesempatan terbuka bagi umum untuk posisi Programme Manager dan Media Officer IIS.
Simak syarat dan ketentuan lebih lanjut untuk Programme Manager dan Media Officer IIS berikut:
Rekrutmen Programme Manager IIS Penuh Waktu
Per 2021, aktivitas penelitian di Institute of International Studies (IIS) dilakukan dalam empat klaster penelitian utama, yaitu: (1) Democracy, Conflict, and Social Inclusion; (2) Security and Global Governance; (3) Foreign Policies, Emerging Powers, and Regional Intersections, dan (4) Globalisation, Development, and Environment.
Masing-masing klaster terdiri dari peneliti dosen dan nondosen yang bertugas mengembangkan kajian-kajian inovatif yang merefleksikan state of the art bidang ilmu masing-masing, menghasilkan luaran-luaran penelitian baik dalam bentuk publikasi akademik, diseminasi publik, advokasi kebijakan, pelatihan, dan/atau pemberdayaan masyarakat, serta berkolaborasi dengan mitra peneliti eksternal.
Untuk memperkuat klaster-klaster penelitian tersebut, IIS mengundang lulusan-lulusan terbaik DIHI UGM untuk mengisi posisi sebagai Programme Manager, yang mana merupakan posisi vital dalam pengelolaan seluruh kegiatan di IIS.
KRITERIA
- Telah lulus pendidikan min. S1 DIHI UGM;
- Memiliki pengalaman bekerja min. 2 tahun (pengalaman manajerial lebih diutamakan);
- Mampu berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan dengan nilai TOEFL min. 550 atau IELTS min. 6.5;
- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) min. 3,50;
- Pengalaman serta kemampuan perencanaan dan penganggaran, mengelola pelaksanaan, dan/atau pengawasan dan evaluasi sebuah program, kegiatan atau proyek penelitian/ advokasi/ pemberdayaan dengan durasi min. 6 bulan akan menjadi nilai tambah.
- Dapat bekerja minimal 1 tahun sejak diterima dengan evaluasi oleh Direktur per 6 bulan.
KETENTUAN
Berkas lamaran dikirim melalui alamat surel iis.fisipol@ugm.ac.id sebelum 27 Desember 2023 (Pukul 23.59 WIB). Subjek surat ditulis dengan menggunakan format Rekrutmen IIS 2023: Programme Manager – [nama lengkap pelamar].
Berkas lamaran terdiri dari dokumen-dokumen berikut:
- Surat lamaran, dengan ketentuan: ditulis dalam Bahasa Inggris, serta menjelaskan motivasi pelamar dan mengapa dirinya merupakan kandidat yang layak untuk posisi yang ditawarkan;
- Curriculum Vitae – tanpa mencantumkan foto diri dan informasi mengenai identitas agama, etnis, dan jenis kelamin;
- Transkrip nilai akademik;
- Sertifikat TOEFL atau IELTS terakhir;
- Dokumen pendukung lainnya (opsional).
HAK & KEWAJIBAN
Programme Manager IIS BERHAK mendapatkan hal-hal berikut:
- Gaji pokok bulanan sebesar Rp. 3.300.000,00/bulan (di luar remunerasi tambahan);
- Hak-hak pekerja seperti yang tertera di kontrak karyawan;
- certificate of employment; serta
- Fasilitas kantor Institute of International Studies.
Programme Manager IIS WAJIB melakukan tugas pokok dan fungsi berikut:
- Membantu Direktur IIS dalam merencanakan program kerja dan anggaran IIS setiap tahunnya;
- Membantu dan mengawasi proses penulisan proposal dan laporan kegiatan, baik riset maupun non-riset, terutama untuk urusan-urusan administrasi serta perencanaan/pelaporan anggaran;
- Berkoordinasi dengan Peneliti untuk memastikan kelancaran pelaksanaan dan pelaporan aktivitas riset IIS, serta urusan-urusan administrasi dan keuangannya;
- Berkoordinasi dengan Koordinator Divisi Publikasi dan Divisi Diseminasi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan dan pelaporan aktivitas publikasi dan diseminasi IIS, serta urusan-urusan administrasi dan keuangannya;
- Berkoordinasi dengan Staf Administrasi dan Staf Keuangan untuk mengelola dan memastikan kelancaran dan kerapian urusan-urusan pengelolaan kantor, serta administrasi dan keuangan IIS;
- Bersama Direktur IIS, mengadakan dan mengoordinir rapat rutin dengan masing-masing divisi, rapat bulanan IIS, serta lokakarya awal, tengah dan akhir tahun.
- Bersama Direktur IIS, mengikuti Rapat Kerja Fakultas (RKF) Riset, mengoordinir pengisian Instrumen Evaluasi Kinerja Pusat Kajian FISIPOL; serta menerjemahkan kebijakan-kebijakan Fakultas dan Departemen dalam pengelolaan IIS;
- Bersama Direktur IIS dalam melakukan evaluasi berkala terhadap performa staf baik secara individu maupun divisi;
- Membantu Direktur IIS dalam melakukan rekrutmen staf;
- Membantu Direktur IIS dalam mewakili lembaga saat bertemu mitra atau menghadiri forum/acara/ kegiatan yang relevan yang diselenggarakan di dalam maupun luar kampus;
- Merancang atau memperbarui media promosi IIS, seperti company profile dan website; serta
- Mempertanggungjawabkan pelaksaanaan tugas-tugas di atas secara berkala kepada Direktur IIS, serta bersama Direktur IIS, mempertanggungjawabkan kinerja IIS pada rapat bulanan serta rapat awal, tengah, dan akhir tahun DIHI UGM.
Durasi kontrak kerja:
Januari – Desember 2024 (12 bulan) dengan evaluasi dan pembaruan kontrak per 6 bulan.
Jadwal kerja:
5 (lima) hari kerja, 8 (delapan) jam / hari termasuk istirahat selama 1 (satu) jam (08.00-16.00)
Rekrutmen Media Officer IIS Paruh Waktu
Sebagai lembaga riset dan advokasi Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DIHI) Universitas Gadjah Mada (UGM), Institute of International Studies (IIS) memerlukan seorang Media Officer yang dapat mendukung promosi dan diseminasi luaran-luaran IIS serta berjejaring dengan mitra guna meningkatkan efektivitas kegiatan IIS.
Guna mendukung aktivitas diseminasi tersebut, IIS mengundang mahasiswa DIHI UGM untuk menjadi Media Officer paruh waktu di IIS.
KRITERIA
- Mahasiswa S1 DIHI UGM min. Semester 3;
- Mampu berbahasa Inggris lisan maupun tulisan dengan nilai TOEFL min. 530 atau IELTS min. 6;
- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) min. 3,00; dan
- Memiliki pengalaman mengelola media sosial organisasi, berorganisasi dan menyelenggarakan kegiatan, menulis artikel berita, melakukan desk study sederhana, atau membuat infografis akan menjadi nilai tambah.
KETENTUAN
Berkas lamaran dikirim melalui alamat surel iis.fisipol@ugm.ac.id sebelum 27 Desember 2023 (Pukul 23.59 WIB). Subjek surat ditulis dengan menggunakan format Rekrutmen IIS 2023: Media Officer Paruh Waktu – [nama lengkap pelamar].
Berkas lamaran terdiri dari dokumen-dokumen berikut:
- Surat lamaran, dengan ketentuan: ditulis dalam bahasa Inggris, serta menjelaskan motivasi pelamar dan mengapa dirinya merupakan kandidat yang layak untuk posisi yang ditawarkan;
- Curriculum Vitae – tanpa mencantumkan foto diri dan informasi mengenai identitas agama, etnis, dan jenis kelamin;
- Transkrip nilai akademik;
- Contoh tulisan berupa artikel berita sepanjang 350-500 kata atau infografis mengenai salah satu isu hubungan internasional atau social media plan yang pernah dibuat;
- Sertifikat TOEFL atau IELTS (sertifikat prediksi diperbolehkan);
- Dokumen pendukung lainnya (opsional).
HAK & KEWAJIBAN
Staf Paruh Waktu Divisi Diseminasi IIS BERHAK mendapatkan hal-hal berikut:
- Remunerasi bulanan sebesar Rp 1.000.000/bulan;
- Hak-hak pekerja seperti yang tertera di kontrak karyawan;
- Certificate of employment;
- Mendapat evaluasi penilaian dari tim manajemen IIS, serta;
- Fasilitas kantor IIS.
Staf Paruh Waktu Diseminasi IIS WAJIB melakukan tugas pokok dan fungsi berikut:
- Mengelola konten media sosial IIS;
- Menyusun liputan berita mengenai IIS maupun peneliti-penelitinya;
- Membantu penyelenggaraan kegiatan-kegiatan diseminasi;
- Membantu menyusun materi diseminasi di media sosial, baik dalam bentuk berita, infografis, maupun video;
- Berjejaring dengan media dan mitra yang dapat mendukung kinerja IIS;
- Mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas-tugas di atas kepada Koordinator dan/atau Manajer IIS.
Durasi kontrak kerja:
Januari – Desember 2024
Jadwal kerja:
10 (sepuluh) jam / minggu, yang didistribusikan sesuai kesepakatan.