Konflik Etnik

Quick menu


Deskripsi Mata Kuliah

(Hampir?) Tidak ada negara di dunia ini yang dihuni satu kelompok etnik saja. Artinya, (hampir) setiap kelompok etnik harus berbagi wilayah, sumber daya, kewarganegaraan, pemerintahan, layanan publik, dll. dengan kelompok etnik lainnya. Meski pemberitaan media mengesankan sebaliknya, sesungguhnya data menunjukkan bahwa kerja sama antaretnik lebih sering terjadi daripada kekerasan antaretnik – dan kalaupun terjadi kekerasan antaretnik, ia terkonsentrasi di sedikit wilayah dan sedikit kurun waktu saja. Bagaimana menjelaskan variasi ini? Apa akar dari kerja sama dan kekerasan antaretnik? Apa resep jitu mengelola masyarakat multietnik?

Konflik Etnik (KEtnik) mengajak mahasiswa mendalami pertanyaan-pertanyaan penting di atas, dengan menekankan pada variasi temporal dan spasial. Mata kuliah ini bersifat pilihan—ia dapat diambil oleh mahasiswa HI UGM sebagai bagian dari konsentrasi Studi-Studi Perdamaian dan Konflik (SPK/PCS) dan juga dapat diambil oleh mahasiswa dari departemen dan fakultas manapun di UGM. Bersifat padat karya, kelas ini menuntut keseriusan mahasiswa menuntaskan tugas baca dan tugas tulis, sebagai bagian dari “tugas kewargaannya” (baca: civic duty) terhadap sesama warga KEtnik. KEtnik menjunjung tinggi integritas akademik, kerja sama tim, dan ketepatan waktu—artinya, no plagiarism, no free-riding, no tardiness, no unnecessary use of gadgets. Nilai E akan diberikan kepada mahasiswa yang melakukan plagiasi.

Kelas ini dibagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama, mahasiswa didorong memikirkan secara kritis beberapa (mis)konsepsi seputar etnisitas serta dikenalkan pada 4 pendekatan penting dalam studi etnisitas: primordialisme, instrumentalisme, konstruktivisme, dan institusionalisme. Pada bagian kedua, mahasiswa dilatih menggunakan dan mengembangkan teori-teori terkait beberapa tema penting dalam studi etnisitas: kekerasan etnik, demokratisasi, dan etnonasionalisme. Pada bagian ketiga, mahasiswa mengaplikasikan konsep serta membuat rancangan kebijakan binadamai etnik.


Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

  1. Menjelaskan akar kerja sama dan kekerasan antaretnik menggunakan pendekatan dan teori yang relevan
  2. Menganalisis kasus-kasus konflik etnik
  3. Membandingkan dan memilih resep pengelolaan hubungan antaretnik

Silabus

Baca silabus selengkapnya di sini.

Mata Kuliah lain

Konflik Etnik