16 Mei 2016 By @dm1n

HI Perkuat Kerjasama Melalui International Exposure Program

HI Perkuat Kerjasama Melalui International Exposure Program

Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM memperuat kerjasama melalui International Exposure Program dengan City University of Hong Kong. International Undergraduate Program atau yang lebih dikenal dengan IUP Hubungan Internasional, memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswanya untuk melakukan Dual Degree Program, Student Exchange Program, maupun Short Course ke berbagai universitas ternama dunia.

Tidak hanya mengirimkan mahasiswa UGM untuk belajar ke university partner, Departemen Ilmu HI UGM juga membuka kesempatan mahasiswa asing untuk dapat melakukan International Exposure Program ke Universitas Gadjah Mada. Salah satunya, Short Course untuk mahasiswa City University of Hong Kong tanggal 25 Maret sampai dengan 3 April 2016 di Universitas Gadjah Mada.
Sebanyak 20 Mahasiswa City University of Hong Kong ikut berpartisipasi. Beragam kegiatan dilakukan, dimulai dengan wisata budaya ke Candi Borobudur, Batik Course di desa Giriloyo, Pagelaran Sendratari Ramayana hingga belajar kesenian tari tradisional dan alat musik gamelan.

Selain aktivitas di luar kelas, Mahasiwa City University of Hong Kong juga melakukan kegiatan perkuliahan. Mahasiswa diperkenalkan dengan sejarah sosial dan politik Indonesia, ekonomi dan bisnis, serta tolenransi beragama dan keragaman budaya yang ada di Indonesia. Secara keseluruhan, materi yang diajarkan membantu mahasiswa City University of Hong Kong untuk lebih dekat mengenal Indonesia.

Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM, Dr. Poppy S. Winanti juga berpartisipasi menjadi salah satu pengajar dalam kegiatan ini. Selain itu, beberapa nama pengajar HI diantaranya Dr. Samsu Rizal Panggabean, Titik Firawati MA, dan Suci Lestari Yuana, MIA turut membantu dalam perkuliahan yang berlangsung selama empat hari tersebut.

Kerjasama diantara Universitas Gadjah Mada dan City University of Hong Kong sudah dimulai sejak tahun 2015 lalu. Selain Short Course yang mendatangkan mahasiswa City University Hong Kong ke UGM, tahun ini Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM juga akan mengirimkan mahasiswa IUP untuk melakukan Student Exchange Program ke City University of Hong Kong.

Kegiatan ini harapanya dapat menambah pengalaman mahasiswa Hubungan Internasional UGM berpartisipasi menjadi bagian dari masyarakat global serta memperkuat kerjasama yang terjalin diantara kedua Universitas besar Asia, CTU Hong Kong dan Universitas Gadjah Mada.

Humas Departemen HI UGM