11 Agustus 2016 By admin hi

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana HI UGM TA 2016/2017

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana HI UGM TA 2016/2017

Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UGM melakukan kegiatan orientasi dalam rangka menyambut mahasiswa baru Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional Angkatan 27 pada hari Rabu, 10 Agustus 2016.

Pascasarjana HI UGM menyelenggarakan kegiatan Orientasi yang bertempat di Ruang Seminar Timur, Gedung Pasca Fisipol UGM. Orientasi diisi dengan rangkaian kegiatan untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru. Diawali dengan Perkenalan sesama mahasiswa, Campus Tour ke beberapa pusat studi UGM, Perkenalan Dosen HI, dan diakhiri dengan Sosialisasi Kurikulum serta Pedoman Akademik.

Kegiatan ini menjadi menarik dengan peran serta mahasiswa tingkat atas sebagai tim yang tergabung dalam buddy system. Tidak hanya mengarahkan tetapi mereka berusaha untuk membuat orientasi ini menjadi lebih berkesan. Selain sesi berbagi pengalaman dan diskusi, Buddy yang terdiri dari 10 mahasiswa angkatan 26 juga membawakan permainan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menghafal semua nama dalam waktu singkat. Buddy System telah menjadi tradisi dalam kegiatan Orientasi Pascasarjana HI UGM.

Selain kegiatan bersama mahasiswa, Orientasi juga diisi dengan kegiatan perkenalan Dosen. Ketua Program Studi Pascasarjana HI, Dr. Samsu Rizal Panggabean dan Sekretaris Program Studi Pascasarjana HI, Dr. Maharani Hapsari turut hadir dalam acara tersebut. Para Dosen kompak mengenakan kaos untuk mendukung Kampanye Anti- Kekerasan Seksual.

Orientasi merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Tahun ini Pascasarjana HI UGM hanya membuka pendaftaran pada semester ganjil. Terdapat 43 Mahasiswa yang diterima pada Tahun Ajaran 2016/2017, termasuk di dalamnya dua mahasiswa asing asal Thailand dan Timor Leste. Program Minat yang dibuka meliputi Minat Kajian Ilmu Hubungan Internasional, Diplomasi Perdagangan Global, dan Diplomasi Humaniter Global.