Buku Panduan

Kurikulum S-1 (K-21)

Panduan akademik

Semenjak Agustus 2021, Prodi S-1 IHI UGM memberlakukan Kurikulum 2021 (K-21). Ini adalah versi revisi dari Kurikulum 2015 yang diterapkan sejak Agustus 2016. Kebaruan K-21 terletak pada fleksibilitas mahasiswa menentukan konsentrasi studinya serta memanfaatkan skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kurikulum S-1 (K-24)

Panduan akademik

Prodi S-1 IHI UGM menggunakan Kurikulum 2024 (K-24). Ini adalah versi revisi dari Kurikulum 2021. Kebaruan K-24 terletak pada adopsi aturan-aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terbaru dan fleksibilitas dalam memilih mata kuliah yang sejalan dengan topik bidang ilmu yang dikembangkan di HI UGM. Selain itu, K-24 dirancang untuk  mempermudah mahasiswa  dalam  memanfaatkan  skema  Merdeka  Belajar  Kampus  Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 

Penulisan Skripsi

Panduan penulisan tugas akhir

Panduan ini disusun guna menyelaraskan pemahaman civitas akademika HI UGM akan komponen-komponen yang ada dalam skripsi.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Panduan prosedur pelaksanaan MBKM

MBKM adalah skema yang memungkinkan mahasiswa mengambil sebagian dari beban studinya di luar Program Studi (Prodi) tempat ia terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu.

International Curriculum (K-21)

Academic handbook

K21 refines K15 in ways that make it easier for students to choose which subfield (i.e. between Global Politics and Security, Peace and Conflict Studies, or International Political Economy and Development) they would like to concentrate on as well as to make the most of Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM, an initiative by the Ministry of Education and Culture). Nevertheless, it remains true to K15’s and K2000’s educational philosophy.

International Curriculum (K-24)

Academic handbook

K24 refines K21 in ways that make it easier for students to choose courses that are in line with subfields developed in the Department of IR as well as to make the most of Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM, an initiative by the Ministry of Education and Culture). Nevertheless, it remains true to K15’s and K2000’s educational philosophy.

Undergraduate Thesis

A guide to write a thesis

A guidebook to help synchronize the perception of all academic community in International Relations FISIPOL UGM about all compulsory components within an Undergraduate thesis.

International Exposure

A guide to have the International Exposure Program

This booklet provides information on the International Exposure Program (IEP), its procedures, requirements, and a list of university partners. IEP is mandatory for students enrolled in the International Undergraduate Program in International Relations (IUP in IR) at Universitas Gadjah Mada (UGM).

Panduan Akademik

 Peraturan Penyelenggaraan

Magister Berbasis Kuliah (by coursework) dan Magister Berbasis Penelitian (by research).

Pada skema coursework, mahasiswa dipersyaratkan untuk mengikuti semua mata kuliah wajib maupun pilihan yang telah ditentukan dalam kurikulum dengan proporsi perkuliahan yang lebih besar dibandingkan penelitian sebelum menulis tugas akhir berupa tesis. Sedangkan pada skema research, proporsi penelitian dan publikasi terkait tesis lebih besar dibandingkan jumlah perkuliahan yang harus ditempuh oleh mahasiswa.

Penulisan Tesis

Panduan penulisan tugas akhir

Mengacu pada Panduan Akademik Program Studi S-2 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada, tesis ditulis dengan bobot setara sembilan (9) SKS dengan panjang 15.000 s.d. 20.000 kata.

Prospectus MA in IR

Masters of International Relations

Master of Arts in International Relations (MAIR) emphasizes higher-level studies of diplomacy and foreign policy studies, including the issues, concepts, and theories regarding the policies and practices in international security, international law, and the international regime, as well as the legal frameworks for international cooperation; global trade, investment, and economy; as well as the politics of global competition and international peace.

Prospectus MA in DTC

Masters of Digital Transformation and Competitiveness

Responding to the opportunities and challenges  in the digital economy, the Master of Arts in Digital Transformation & Competitiveness (MA in DTC) is designed to produce graduates, namely prospective policymakers, who can design innovative strategies and policies in integrating the digital economy ecosystem and navigating international competition by taking into account the principles of equity and inclusiveness.

Cara menghubungi Dosen

Tata cara dan sopan santun berkomunikasi

Pada dasarnya, tata cara menghubungi dosen tidak rumit. Pastikan Anda berkomunikasi dengan menjaga sopan santun, baik melalui WhatsApp, telepon, surel, maupun secara langsung. Silahkan baca dokumen di bawah dengan seksama sebelum menghubungi dosen Anda.

Panduan Anti-Plagiarisme

Panduan menghindari plagiarisme

Menghormati, mengakui, dan memberikan penghargaan atas karya orang lain menjadi satu keharusan dalam memproduksi karya tulis. Kita ketahui bersama bahwa ilmu pengetahuan dikembangkan berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya sehingga tidak perlu ragu-ragu bagi siapapun (masyarakat akademis) ketika menyusun karya ilmiah/karya tulis, menyebutkan sumber rujukan.

Mekanisme Penanganan Keluhan

Panduan mengajukan keluhan

Keluhan yang terjadi di dalam institusi pendidikan sulit dihindari tapi harus diupayakan penyelesaiannya secara konstruktif. Konstruktif di sini berarti berorientasi pada penanganan masalah dengan meminimalkan sekecil mungkin kerugian yang mungkin bisa dialami pihak-pihak yang terlibat dalam masalah tersebut.