02 Mei 2019 By admin hi

Prof. Yang Seung Yoon

Prof. Yang Seung Yoon

Departemen Ilmu Hubungan Internasinal kembali menyelenggarakan Short Course on Korean Politics pada bulan April 2019 lalu. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Profesor Yang Seung Yoon merupakan pengampu kegiatan Short Course on Korean Politics. Kelas ini tidak saja ditujukan untuk mahahasiswa HI UGM tetapi juga terbuka untuk umum. Prof. Yang begitu sapaan akrabnya, adalah Professor Emeritus yang ahli dalam politik Indonesia dari Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan.

Prof. Yang membahas mengenai perkembangan Politik Korea beserta korelasinya dengan Indonesia. Kelas diselenggarakan sebanyak 3 sesi, dimulai pada tanggal 22 April 2019 sampai dengan 24 April 2019. Topik yang di bahas pada short course kali ini meliputi: Situasi Politik di Semenanjung Korea; Perkembangan Hubungan Korea Utara dan Amerika Serikat; serta peran Indonesia terhadap Masa Depan Semenanjung Korea.

Pada kesempatan tersebut, di hadapan sekitar 50 mahasiswa, Prof. Yang berpendapat bahwa dengan posisi Indonesia saat ini, yang memiliki hubungan diplomatik dengan kedua negara Korea baik Korea Selatan maupun Korea Utara, maka di masa mendatang Indonesia memungkinkan memiliki peran yang cukup strategis terhadap masa depan Semenanjung Korea.

Prof. Yang akan kembali dijadwalkan mengajar Politik Korea pada Oktober 2019 mendatang. Diharapkan, Short Course on Korean Politics akan memberikan kesempatan bagi rekan-rekan mahasiswa yang terterik belajar mengenai perkembangan politik Korea, serta korelasinya dengan Indonesia.


Penulis: Arlitadian Pratama
Editor: Novi Dwi Asrianti