20 Desember 2018 By admin IUP

Dr. Julian Droogan

Dr. Julian Droogan

Public Lecture ‘Social Media and Violent Extremism in the Asia Pacific’ bersama Dr. Julian Droogan

Program Pascasarjana Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Global Engagement Office Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Kuliah Umum Dr. Julian Droogan dari Department of Security Studies and Criminology, Macquarie University, Australia berjudul Social Media and Violent Extremism in the Asia Pacific (30/08).

Kegiatan yang diikuti 45 peserta ini dalam rangka menyambut mahasiswa baru S2 HI UGM tahun ajaran 2018/2019. Dr. Siti Mutiah Setiawati, Ketua Program Pascasarjana Hubungan Internasional UGM, memberikan sambutan untuk  Dr. Julian Droogan yang baru pertama kali ke Yogyakarta. Seminar ini dimoderatori oleh Dr. Maharani Hapsari, Sekretaris Program Pascasarjana Hubungan Internasional UGM.

Terorisme adalah salah satu isu transnasional yang paling banyak dibicarakan, dan munculnya teknologi juga telah memainkan peran penting dalam menyebarkan gagasan terorisme. Media sosial, termasuk pertumbuhan teknologi ponsel dan ketersediaan kecepatan internet, menyediakan platform yang memfasilitasi interaksi pengguna dengan audiens. Akibatnya, platform media sosial ini juga terbukti dimanfaatkan oleh kelompok teroris untuk terlibat dalam kampanye propaganda.

Dr. Droogan menyatakan bahwa kelompok seperti Al Qaeda, Negara Islam, Abu Sayyaf Group telah mengadopsi platform dan teknologi ini untuk berbagai kegiatan termasuk pembiayaan, perencanaan serangan, perekrutan, lingkungan pelatihan digital dan jejaring sosial.

Dalam kesempatan ini, Dr. Droogan juga menjelaskan tentang bagaimana kerusuhan Urumqi terjadi di Xinjiang, Cina Barat pada Juli 2009 – mengakibatkan 156 orang tewas dan 100 luka-luka, sangat dipengaruhi oleh pengaruh media sosial.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini di akhir dengan sesi tanya jawab. Banyak pertanyaan yang diajukan para peserta kepada Dr. Julian Droogan, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Internasionalisasi dan Direktur Program Riset Terorisme di Macquarie University.


Penulis: Jelita Sari Wiedoko
Editor: Novi Dwi Asrianti