PROGRAM MAGISTER

 

Sekilas S-2 Ilmu Hubungan Internasional

Program Studi Magister (S-2) Ilmu Hubungan Internasional dibuka sejak tahun 2002 dan didirikan oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DIHI), Fisipol UGM dengan tujuan mengkaji lebih dalam isu-isu, konsep, dan kerangka empiris dalam memahami keterkaitan lintas bidang dalam diplomasi dan kebijakan luar negeri. Program yang ditawarkan adalah Master of Arts in International Relations (MAIR).

Pada tahun 2007, Prodi Magister HI UGM mengembangkan 2 (dua) konsentrasi untuk program MAIR, yaitu Politik Internasional (PI) dan Kerja Sama Pembangunan Internasional (KPI). Kemudian pada tahun 2009, ditawarkan fokus kajian baru yaitu Studi Perdamaian Internasional (SPI). Fokus kajian ini merupakan hasil kerja sama dengan United Nations University for Peace (UN-Peace) sebagai salah satu bentuk internasionalisasi Prodi Magister HI UGM.

Pada Tahun Ajaran 2012/2013 Prodi Magister HI UGM membuka program minat khusus baru, yaitu MA in Global Trade Diplomacy (GTD) dan MA in Global Humanitarian Diplomacy (GHD). Terbaru, pada Tahun Ajaran 2022/2023, Prodi Magister HI UGM membuka program minat khusus MA in Digital Transformation and Competitiveness (DTC). Dibukanya tiga program minat khusus tersebut merupakan salah satu upaya pengelola dalam mengembangkan mahasiswa Prodi Magister HI UGM agar mempunyai nilai kompetensi yang unggul di bidang masing-masing dan mengedepankan kemampuan menganalisis, kemampuan mengembangkan kreativitas,  serta mengomunikasikan analisis dan gagasannya di hadapan publik.

Pendaftaran

Berikut adalah skema-skema yang tersedia untuk seleksi mahasiswa baru Program Studi Magister Departemen Ilmu Hubungan International, Fakulktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada.

Katalog Tesis dan Buku

Telusuri koleksi tesis DIHI UGM melalui katalog daring kami.