PROGRAM PASCASARJANA

Persyaratan

Dokumen dan/atau data lain yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

  1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

>2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

> 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

> 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

  1. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
    • Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
    • Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

  1. Persyaratan Khusus Prodi yakni Sertifikat hasil tes potensi akademik dengan sertifikat yang masih berlaku yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat pada saat daftar (saat ini). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
Jenis

Skor Minimum

Keterangan
PAPs UGM

500

jadwal tes klik di sini.
TPDA PLTI

500

jadwal tes klik di sini.
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS

500

jadwal tes klik di sini.
  1. Persyaratan Khusus Prodi yakni Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
Jenis Skor Minimum Keterangan
Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM

268

 jadwal tes klik di sini.
Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI)

55

jadwal tes klik di sini.
International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP

5.5

jadwal tes klik di sini.
Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF

61

jadwal tes klik di sini.
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF

500

 jadwal tes klik di sini.

Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik di sini.

  1. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
  2. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program/minat khusus yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  3. Proposal penelitian tesis wajib dikirim melalui surel hi@ugm.ac.id dengan subjek (Proposal Tesis_Nama Lengkap) dengan batas waktu pengiriman Gelombang I pada tanggal 1–30 Maret 2022 dan Gelombang II pada tanggal 10 Mei–15 Juni 2022. Proposal tesis ditulis kurang lebih 1.000 kata (tiga halaman), meliputi: (1) latar belakang; (2) kajian literatur singkat; (3) rumusan masalah; (4) kerangka konseptual singkat; (5) argumentasi utama; dan (6) metodologi;
  4. Surat izin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
  5. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerja sama);
  6. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

terakhir diperbarui 18 Mei 2022