31 Mei 2021 By admin hi

DIHI UGM Sukses Menyelenggarakan Open Day S-2 Ilmu HI UGM: Get Ready for Graduate School

DIHI UGM Sukses Menyelenggarakan Open Day S-2 Ilmu HI UGM: Get Ready for Graduate School

Menjelang periode pendaftaran mahasiswa baru Program Studi S-2 Ilmu HI UGM T.A. 2021/2022, Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM menyelenggarakan acara Open Day S-2 Ilmu HI UGM: Get Ready for Graduate School pada hari Jumat, 28 Mei 2021. Acara ini menghadirkan Dr. Muhammad Rum (Ketua Program Studi S-2 Ilmu HI UGM) dan Muhammad Irfan Ardhani, MIR (Asisten Pengembangan Program Studi S-2 Ilmu HI UGM) sebagai narasumber.

Acara Open Day terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi Sosialisasi Program S-2 Ilmu HI UGM yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube HI UGM, serta sesi Open Class yang dilaksanakan melalui Zoom.

Acara secara resmi dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM, Dr. Nur Rachmat Yuliantoro. Dalam sambutannya, Dr. Rachmat menyampaikan bahwa acara ini didesain khusus tidak hanya untuk memperkenalkan Program Studi S-2 Ilmu HI UGM, tetapi juga memberikan kesempatan kepada HI Friends yang memiliki keinginan untuk meneruskan studi di jenjang Master bahwa Program Studi S-2 Ilmu HI UGM ini adalah salah satu program studi S-2 terbaik dari sekian banyak program studi Ilmu HI di Indonesia. Oleh sebab itu kegiatan ini dirancang untuk mengajak HI Friends bergabung dengan keluarga besar HI UGM dan merasakan sendiri bagaimana rasanya menjadi mahasiswa HI UGM dengan bergabung dalam kelas-kelas yang diselenggarakan di Program Studi S-2 Ilmu HI UGM. Beliau berharap kegiatan ini dapat membantu HI Friends untuk memantapkan pilihannya untuk belajar di Program Studi S-2 Ilmu HI UGM.

Di sesi pertama, Dr. Rum menyampaikan bahwa kegiatan Open Day ini diselenggarakan sebagai bentuk respon terhadap keadaaan pandemi yang membuat Prodi S-2 Ilmu HI UGM perlu memikirkan cara-cara yang lebih kreatif untuk menjangkau HI Friends di mana pun mereka berada. Dr. Rum dan Irfan kemudian secara bergantian memberikan penjelasan secara terperinci mengenai program Master of Arts in International Relations mulai dari struktur kurikulum, kompetensi lulusan, proses penerimaan mahasiswa baru beserta syarat khusus pendaftaran Program Studi S-2 Ilmu HI UGM, serta memperkenalkan Joint Masters Program dengan Sir Walter School, Murdoch University, Australia. Pada kesempatan ini, beliau juga memperkenalkan skema penerimaan mahasiswa melalui Program Fast-Track yang rencananya akan mulai dibuka pada tahun 2022. Program Fast-Track bertujuan untuk menjaring mahasiswa-mahasiswa terbaik Program Studi S-1 Ilmu HI UGM untuk melanjutkan studi ke Program Studi S-2 Ilmu HI UGM dan dirancang agar mahasiswa dapat memperoleh gelar Sarjana dan Master hanya dalam waktu lima tahun.

Acara ini turut mengundang 3 orang mahasiswa aktif S-2 Ilmu HI UGM: Dobrin Bugov, Filasafia Marsya & Tunjung Wijanarka. Pada kesempatan ini, para mahasiswa menceritakan alasannya memilih melanjutkan studi ke Program Studi S-2 Ilmu HI UGM, tantangan yang dihadapi selama berkuliah di HI UGM, perubahan yang dirasakan setelah menjalani proses perkuliahan di HI UGM, serta membagikan saran kepada HI Friends yang tertarik untuk melanjutkan studi S-2 ke HI UGM.

Sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya-jawab yang disambut dengan antusias oleh HI Friends dengan banyaknya jumlah pertanyaan yang masuk. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam ini ditonton oleh 268 orang melalui kanal YouTube HI UGM.

Kegiatan dilanjutkan dengan Open Class. Kelas pertama yang dibuka untuk umum adalah kelas Gender, Identitas, dan Perdamaian yang diampu oleh Dr. Diah Kusumaningrum. Pada pertemuan kali ini, 3 kelompok mahasiwa menyampaikan presentasi singkat terkait topik yang telah ditentukan sebelumnya dan HI Friends yang tergabung di kelas ini diberikan kesempatan untuk menanggapi maupun memberikan masukan terhadap presentasi yang telah disampaikan.

Sesi Open Class berlanjut di sore hari dengan mata kuliah Rezim Internasional yang diampu oleh Dr. Randy Wirasta Nandyatama. Setelah menyampaikan materi pengantar untuk topik kuliah pada hari itu, Dr. Randy membagi mahasiswa dan HI Friends menjadi 3 kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan sebuah bacaan yang diberikan. Setelah berdiskusi, baik mahasiswa S-2 Ilmu HI UGM maupun HI Friends diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusinya.

Secara keseluruhan, acara Open Day S-2 Ilmu HI UGM: Get Ready for Graduate School berlangsung dengan lancar dan sukses. Nabiila Santoso, seorang peserta kegiatan ini menyampaikan kesan bahwa acara Open Day ini “Seru, jadi semakin tertarik untuk bergabung dengan S-2 HI UGM.” Peserta lainnya, Alif Muhammad Naufal dari Universitas Sriwijaya mengatakan “Kegiatan Open Day S-2 Ilmu Hubungan Internasional DIHI UGM ini sangat mencerahkan dan edukatif bagi saya yang ingin melanjutkan studi di Prodi S-2 DIHI UGM. Informasi yang diberikan sangat baik, komprehensif, terstruktur, dan jelas.”

Jika Anda melewatkan acara ini, Anda dapat menontonnya kembali melalui pranala ini.

Pendaftaran mahasiswa baru Program Studi S-2 Ilmu HI UGM T.A. 2021/2022 secara resmi dibuka pada hari Senin, 31 Mei 2021. Anda dapat melihat persyaratan pendaftaran di sini dan melakukan pendaftaran melalui website UM UGM.

——————

Penulis : Melisa Rachmania

Editor : Arlitadian Pratama