PROGRAM SARJANA

Sistem Kredit

  1. Setiap mahasiswa WAJIB mengambil mata kuliah Inti Jurusan sebanyak 12 SKS (Satuan Kredit Semester).
  2. Pada setiap Minat Topik (kecuali untuk Minat Topik Isu-Isu Mutakhir) terdapat satu mata kuliah yang menjadiprimus interpares di topik masing-masing dan disebut sebagai mata kuliah Inti Minat Topik (IMT). Setiap mahasiswa WAJIB mengambil semua mata kuliah IMT yang seluruhnya berbobot 15 SKS. Khusus untuk minat topik Isu-Isu Mutakhir, mahasiswa menentukan sendiri mata kuliah IMT-nya.
  3. Setiap mahasiswa diminta menentukan Minat Topik pilihan dan wajib mengambil minimal 12 SKS dari Minat Topik pilihannya; ini disebut sebagai Syarat Minimum Minat Topik. Jumlah 12 SKS ini tidak termasuk 3 SKS mata kuliah IMT.
  4. Untuk Minat Kawasan, setiap mahasiswa wajib mengambil 6 SKS mata kuliah Inti Minat Kawasan (IMK), plus 6 SKS dari satu kawasan tertentu yang merupakan pilihan minat mahasiswa yang bersangkutan. Jumlah 6 SKS yang kedua ini adalah Syarat Minimum Minat Kawasan.
  5. Setiap mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata kuliah pilihan dengan mempertimbangkan Minat Topik dan Minat Kawasan pilihannya. Diperlukan sebanyak 63 SKS untuk mata kuliah pilihan, dengan mata kuliah yang diambil dari Jurusan/Program Studi atau Fakultas lain yang relevan maksimal 15 SKS.
  6. Rekapitulasi dan komposisi mata kuliah dan skripsi di tingkat Program Studi adalah sebagai berikut:
    12 SKS Inti Jurusan
    15 SKS Inti Minat Topik
    12 SKS Syarat Minimum Minat Topik
    6 SKS Inti Minat Kawasan
    6 SKS Syarat Minimum Minat Kawasan
    63 SKS Pilihan
    6SKS Skripsi
  7. Jumlah SKS yang harus ditempuh setiap mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Hubungan Internasional UGM untuk mencapai gelar kesarjanaan adalah 144 SKS (untuk memenuhi aturan dalam Kurikulum Nasional yang berlaku) dengan komposisi: 12 SKS untuk mata kuliah Universitas (Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia/Penulisan Akademik, masing-masing 2 SKS; Kegadjahmadaan 1 SKS; Kuliah Kerja Nyata/KKN 3 SKS); 12 SKS untuk mata kuliah Fakultas (Ilmu Sosial Dasar, Pengantar Ilmu Politik, Sejarah Sosial Politik Indonesia, dan Sistem Sosial Politik Indonesia); dan 120 SKS untuk mata kuliah Jurusan/Program Studi.