PROFIL

Sambutan Ketua Departemen

Selamat datang di laman resmi Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada!

Didirikan pada tahun 1957, Departemen (sebelum tahun 2016 disebut Jurusan) Ilmu Hubungan Internasional UGM adalah institusi tertua yang mengajarkan ilmu Hubungan Internasional di Indonesia. Selama 60 tahun, kami telah memberikan pendidikan dan pengajaran, melakukan penelitian, dan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk beragam isu dan di berbagai tempat. Kami telah mengantarkan banyak lulusan untuk berkhidmat memajukan pembangunan bangsa ini, terutama dalam aspek-aspek utama yang memang menjadi perhatian dalam bidang ilmu Hubungan Internasional, misalnya diplomasi dan politik luar negeri.

Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM sekarang terdiri atas dua Program Studi (Prodi), yaitu S-1 dan S-2, dan sebuah “laboratorium riset” yang bernama Institute of International Studies. Prodi S-1 Ilmu Hubungan Internasional di UGM adalah salah satu prodi dengan minat peserta tertinggi di setiap pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Prodi S-1 kami memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung di program reguler maupun (sejak 2011) di International Undergraduate Program. Mahasiswa dapat memilih untuk berfokus pada salah satu dari tiga konsentrasi: Politik dan Keamanan Global, Studi Perdamaian dan Konflik, serta Politik Ekonomi dan Pembangunan Internasional – plus sejumlah mata kuliah kawasan pilihan.

Sejak 2003, Prodi S-2 kami menawarkan studi lanjut dalam ilmu Hubungan Internasional. Kini, para mahasiswa bisa memilih untuk mendalami isu-isu tertentu dalam bidang ilmu mereka secara luas atau memilih peminatan Diplomasi Perdagangan atau Diplomasi Humaniter Global. Sementara itu, Institute of International Studies memfasilitasi penelitian, advokasi, dan penerbitan, yang semuanya untuk membantu pengembangan kinerja Departemen dan civitas akademika.

Departemen dan semua unitnya telah berusaha untuk membuat sebuah lingkungan belajar yang sehat dan nyaman, dengan didorong oleh semangat IR ROAR! Ini adalah semangat bertemakan Integrity (kejujuran), Respect (saling menghormati), Responsibility (tanggung jawab), Open-mindedness (terbuka terhadap keberagaman), Awareness (kesadaran untuk relasi yang sehat, misalnya sama sekali tidak mentolerir segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual), dan Recognition (menjaga nama baik dan tradisi meraih pengakuan yang membanggakan). Semua civitas akademika Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM akan selalu diingatkan untuk mengembangkan nilai-nilai di atas secara penuh demi kepentingan bersama.

Saya mengajak para pengunjung laman ini dan secara luas semua pemerhati ilmu Hubungan Internasional untuk bersama-sama kami mewujudkan masyarakat dunia yang adil, damai, dan beradab.

Terima kasih.

 

Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional

Universitas Gadjah Mada

 

Nur Rachmat Yuliantoro