PROFIL

Sambutan Ketua Departemen

IR ROAR!

Integrity, Respect, Responsibility, Open-mindedness, Awareness, Recognition!

Selamat datang dan selamat bergabung para calon pemimpin Indonesia dan dunia masa depan, di keluarga besar Departemen Ilmu Hubungan Internasional (DIHI) UGM. Sudah sepatutnya Anda berbangga bisa terpilih di DIHI yang merupakan salah satu program studi terfavorit di UGM.

Namun prestasi Anda untuk dapat bergabung di sini hanya merupakan langkah awal dari langkah panjang dalam salah satu fase terpenting dalam hidup Anda: menjadi mahasiswa!

Menjadi mahasiswa berarti Anda mempunyai tanggung jawab yang lebih besar. Menjadi mahasiswa karenanya menuntut Anda untuk mempunyai sikap yang lebih dewasa dibandingkan dengan masa sekolah sebelumnya.

Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin mengajak Anda untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan belajar yang sehat, saling menghargai, adil, damai, beradab sebagaimana visi DIHI UGM melalui kata-kata kunci berikut ini yang secara ringkas bisa disingkat menjadi IR ROAR!!!

Integrity: adalah persoalan kesamaan antara ucapan dan perbuatan. _Integrity_ juga bermakna kejujuran. Salah satu wujud dari mahasiswa yang memiliki integritas adalah mereka yang memilih untuk tidak menggunakan ide orang lain secara semena-mena. Karena dalam dunia akademis, plagiarisme adalah dosa besar.

Respect: sebagai mahasiswa Anda perlu menyadari bahwa respect hanya akan bisa Anda dapatkan jika Anda memberikannya pada orang lain. Menjadi mahasiswa di DIHI UGM adalah saatnya memulai membangun sebuah relasi yang sehat, saling menghormati dengan sesama rekan maupun dengan dosen dan civitas akademika lainnya.

Responsibility: sebagai mahasiswa Anda memiliki kebebasan. Namun kebebasan yang Anda miliki juga selalu beriringan dengan tanggung jawab. Anda perlu untuk selalu berpikir bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan akan memiliki konsekuensi. Sebagai mahasiswa, belajarlah bertanggung jawab atas pilihan-pilihan yang Anda ambil.

Open-mindedness: sebagai mahasiswa Anda memasuki kehidupan akademik yang sangat menghargai perbedaan. Tidak ada yang salah dan benar dalam kajian ilmu HI, yang ada hanya berbagai perspektif dalam memahami persoalan. Karenanya, terbuka terhadap pemikiran dan perbedaan pendapat harus Anda percaya sebagai pilihan yang akan membawa Anda beranjak maju.

Awareness: kebutuhan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sudah semestinya ditumbuhkan menjadi kesadaran bersama. DIHI UGM giat mengkampanyekan zero tolerance terhadap kekerasan termasuk kekerasan seksual. Anda sebagai mahasiswa perlu membangun kesadaran atas hak dan kewajiban Anda untuk membangun lingkungan belajar yang lebih baik.

Recognition: DIHI UGM telah melahirkan banyak orang hebat. Kiprah alumni diakui di tingkat nasional dan internasional. Anda sebagai bagian dari keluarga besar DIHI UGM yang baru, harus selalu tertantang untuk berperan aktif dalam menjaga tradisi meraih pengakuan yang membanggakan.

Sekali lagi selamat. Mari kita sama-sama menjunjung dan menjaga nama besar DIHI UGM melalui IR ROAR!

Terima kasih.

Yogyakarta, 4 Agustus 2016

Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM

Poppy S. Winanti