INSTITUTE OF INTERNATIONAL STUDIES

Divisi Riset dan Advokasi

IIS UGM berupaya menjalankan dua arah kegiatan utama, penelitian dan pemberdayaan. Dua kegiatan tersebut diwujudkan melalui pembentukan sebuah divisi yang bergerak dalam bidang riset dan advokasi. Selain mengawal proses riset, IIS UGM berkomitmen untuk mengolah riset tersebut menjadi suatu program kerja nyata melalui aktivitas advokasi. Divisi Riset dan Advokasi memiliki empat pilar konsentrasi: Ekonomi Politik Internasional, Keamanan dan Perdamaian Internasional, Politik Internasional, dan Studi Kawasan.

Divisi Riset menyandang empat tugas pokok. Pertama, produksi proposal yang dapat diajukan untuk mendapatkan hibah penelitian/ advokasi dari sumber-sumber kampus maupun non-kampus. Kedua, mengelola dan mengawasi semua riset yang dilakukan oleh peneliti Institute of International Studies (IIS). Ketiga, menginisiasi, mengelola, dan mengawasi pelaksanaan riset-riset mandiri IIS. Keempat, mengelola dan mengawasi pelaksanaan hibah riset Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Divisi Advokasi mengemban empat tugas pokok. Pertama, mengelola dan mengawasi aktivitas advokasi kebijakan maupun pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Institute of International Studies (IIS). Kedua, menginisiasi aktivitas pelatihan, workshop, advokasi dari hasil riset IIS. Ketiga, berjejaring dengan mitra eksternal baik dari kalangan kampus, pemerintah, maupun masyarakat sipil. Keempat, mengelola dan mengawasi program pemberdayaan masyarakat Departemen Ilmu Hubungan Internasional.

Saat ini, Divisi Riset dikoordinatori oleh Yunizar Adiputera, M.A. dan Divisi Advokasi dikoordinatori oleh Agustinus Moruk Taek, M.A., keduanya dapat dihubungi melalui email research.iis@ugm.ac.id.

Pilar Riset dan Advokasi

POLITIK EKONOMI INTERNASIONAL

Riset di bawah tema Politik Ekonomi Internasional mempelajari mengenai beragam cara aktor, lembaga, dan proses politik membentuk sistem yang menjadi wahana terjadinya interaksi-interaksi ekonomi, dan sebaliknya bagaimana aktor, lembaga dan proses ekonomi memengaruhi struktur dan kondisi politik. Dalam mempelajari hubungan tersebut, riset diarahkan untuk mengeksplorasi berbagai masalah, konsep, dan teori di ranah pembangunan dan kerja sama internasional, politik ekonomi global, politik perdagangan dan keuangan, diplomasi bisnis dan rantai nilai global.

PERDAMAIAN DAN KEAMANAN INTERNASIONAL

Tema Perdamaian dan Keamanan Internasional memiliki bidang kajian dan pendekatan yang cukup luas. Selain meneliti mengenai masalah-masalah yang disebabkan oleh ancaman keamanan tradisional seperti perang, riset di bawah tema ini juga secara ekstensif menyelidiki mengenai ancaman keamanan non-tradisional yang terkait dengan keamanan manusia. Riset-riset yang dikembangkan di bawah tema ini didesain untuk memperkaya dan memperkuat pengetahuan dan pemahaman mengenai isu-isu yang beragam, seperti penyebab perang dan damai, terorisme, humanitarianisme, kekerasan dan nir-kekerasan, bina damai, dan operasi perdamaian.

POLITIK INTERNASIONAL

Politik Internasional memayungi riset-riset yang mempelajari mengenai bagaimana aktor-aktor internasional, baik negara maupun non-negara, berkompetisi atau bekerja sama dalam beragam hal untuk mencapai tujuan-tujuan politis. Tema ini mendorong periset untuk meninjau beragam isu, konsep, kebijakan, dan teori yang terkait dengan kekuasaan dan relasi kuasa di ranah internasional. Beberapa sub-tema yang dikembangkan di bawah payung besar Politik Internasional antara lain diplomasi, kebijakan luar negeri, organisasi internasional, dan hukum internasional.

STUDI KAWASAN

Studi Kawasan mengakomodasi periset-periset IIS yang berminat untuk mengembangkan kajian intrinsik dan komprehensif terhadap suatu kawasan yang dibatasi secara geografis, dan meneliti tentang isu-isu lintas tema. Riset-riset dalam Studi Kawasan tidak hanya berupaya untuk mengeksplorasi karakter dan masalah-masalah unik yang terjadi di dalam suatu kawasan, tetapi juga bermaksud untuk memahami dengan baik evolusi konsep kawasan di dalam dunia yang semakin mengglobal. Hingga saat ini, kekuatan IIS dalam Studi Kawasan ada pada studi Eropa yang dikembangkan di dalam Program on European Studies (EUROS), bekerja sama dengan delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Komunitas Indonesia untuk Kajian Eropa (KIKE).