INSTITUTE OF INTERNATIONAL STUDIES

Divisi Publikasi dan Diseminasi

Divisi Publikasi dan Diseminasi terdiri dari dua unit. Unit Publikasi memiliki empat tugas pokok. Pertama, mengelola proses penerbitan dari hasil riset yang dilaksanakan oleh peneliti IIS. Kedua, mengelola penerbitan Indonesia Journal of International Studies (IJIS). Ketiga, mengelola IIS Bookshop yang melayani penjualan buku-buku hasil terbitan IIS UGM dan mengelola perpustakaan Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada. Keempat, mengelola penerbitan IIS Brief secara berkala.

Sementara Unit Diseminasi bertugas untuk: pertama, mengelola aktivitas diseminasi riset seperti diskusi bulanan, kuliah singkat, dan seminar. Kedua, mengelola lini media sosial yang dimiliki oleh IIS, yaitu Facebook, Instagram, LINE, dan Twitter. Ketiga, mengelola laman website IIS. Keempat, mengelola pengarsipan berita mengenai IIS dan penelitinya di media massa IIS dalam laman in the Press.

Saat ini, Divisi Publikasi dan Diseminasi dikoordinatori oleh Nurhawira Gigih Pramono, S.I.P., beliau dapat dihubungi melalui email publication.iis@ugm.ac.id.

Media Sosial

 

  • LINE (@kop9057g)
  • Instagram (@iis_ugm)¬†
  • Twitter (@iis_ugm)
  • Facebook (@IISUGM)
  • Email (publication.iis@ugm.ac.id)

IJIS (Indonesian Journal of International Studies)

IJIS (Indonesian Journal of International Studies) terbit setiap dua tahunan, didedikasikan untuk menganalisis dan menelaah beragam topik dari perspektif yang interdisipliner, serta mendiseminasikan  pemikiran-pemikiran baru sebagai respon aktual atas peristiwa internasional. IIS UGM menerima manuskrip dalam bentuk hasil riset (lapangan maupun pustaka), ulasan buku, dan artikel yang menanggapi fenomena atau gagasan konseptual dalam studi Hubungan Internasional.

Buku

Sebagai institusi riset, IIS UGM menangani penyuntingan dan penerbitan manuskrip menjadi beberapa keluaran berupa buku, monograf, dan laporan. Penyusunan terbitan tersebut melibatkan peneliti IIS UGM, dosen Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM, dan peneliti mitra.

IIS Brief

IIS Brief menampung tulisan ringkas yang mendiskusikan peristiwa terkini maupun isu yang berhubungan dengan studi Hubungan Internasional. Publikasi dalam IIS Brief dapat berupa analisis singkat atas suatu isu spesifik, ekstraksi dari riset yang tengah berlangsung, atau ide dan perkembangan konseptual dalam konsentrasi studi tertentu. IIS UGM menerima manuskrip sesuai dengan ketentuan yang disebutkan melalui surel publication.iis@ugm.ac.id. Berkas dianjurkan dalam format yang dapat disunting, dengan menyertakan [IIS Brief] dalam kolom subjek surel.

IIS in the Press

Rubrik ini adalah upaya untuk mengarsipkan artikel dan pernyataan yang dikeluarkan oleh staf Departemen Hubungan Internasional UGM dan IIS UGM yang dimuat dalam media massa.

Semua opini yang tersimpan dalam arsip ini adalah ekspresi individual dan tidak secara khusus mewakili kebijakan maupun pandangan resmi Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM dan IIS UGM.