PROGRAM PASCASARJANA

Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2017/2018

  • Syarat khusus yang diperlukan untuk seleksi Prodi Pascasarjana Ilmu Hubungan Internasional adalah Tes Wawancara pada tanggal 30 Juni 2018 bagi pendaftar yang memenuhi standar minimal skor Tes Potensi Akademik (TPA) 500/ PAPS 500 dan TOEFL ITP 500/ TOEFL iBT 61/ ACEPT 268/ IELTS 5.5). Perhatian! Skor tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris harus dikeluarkan oleh lembaga yang direkomendasikan oleh UGM.
  • Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  • Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.

Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.

Menyiapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.

No Dokumen Format
1 Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya
2 Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman) *.pdf
3 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
4 Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.
*.pdf
5 Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
6 Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
  • Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  • Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
    * Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.
  • Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

 

Perhatian!

Skor tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris harus dikeluarkan oleh lembaga yang direkomendasikan oleh UGM.

Isikan nomor peserta, tanggal pelaksanaan, dan lembaga penyelenggara tes tersebut pada isian data pendaftaran secara benar. Informasi yang Saudara isikan akan dikirim ke lembaga penyelenggara tes tersebut untuk divalidasi.

Skor tes dianggap “0” apabila terdapat ketidaksesuaian antara isian data pendaftar dengan data di lembaga penyelenggara.