07 Maret 2017 By admin hi

Kemenlu-BI Kerjasama Pertajam Diplomasi Ekonomi

Kemenlu-BI Kerjasama Pertajam Diplomasi Ekonomi

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo, Jumat (3/3/17). Isi Nota Kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia ini mengenai Kerjasama Peningkatan Profesionalisme Diplomasi Ekonomi di Bidang Moneter, Perbankan dan Sistem Pembayaran.

Nota Kesepahaman ini dibuat untuk meletakkan dasar kerjasama bagi Kementerian Luar Negeri dan Bank Indonesia guna meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam melaksanakan total diplomacy yang dilakukan di berbagai aspek, diantaranya diplomasi ekonomi, khususnya di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran.

Sebagai salah satu upaya mendukung pemerintah dalam menciptakan good corporate governance, Kemenlu dan Perwakilan RI secara konsisten menerapkan dan mengembangkan program benah diri yang meliputi 3 (tiga) tertib, yaitu tertib fisik, tertib waktu dan tertib administrasi. Untuk mewujudkan total diplomacy dan good corporate governance dan sekaligus mencapai ketiga tertib tersebut, dibutuhkan SDM yang memiliki kapabilitas dan kualifikasi dalam bidang keahliannya masing-masing.

Sejalan dengan pelaksanaan total diplomacy dan good corporate governance, serta dengan tetap memperhatikan fungsi, tugas dan kedudukan masing-masing, maka Kemenlu dan Bank Indonesia sepakat untuk melakukan kerjasama kelembagaan yang meliputi berbagai kegiatan.

Kerjasama kelembagaan ini akan meliputi kegiatan pertukaran data dan informasi di bidang ekonomi, moneter, perbankan dan sistem pembayaran secara bilateral, regional dan internasional yang dapat berpengaruh terhadap kebijakan perekonomian Indonesia,  perbantuan Pejabat Bank Indonesia untuk ditempatkan di Kemenlu dan Perwakilan RI, serta di lain pihak, Pejabat Kemenlu pada satuan kerja Bank Indonesia guna memahami tentang kebijakan ekonomi, khususnya di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran. (wan)

 http://kahigama.com/2017/03/03/kemenlu-bi-kerjasama-pertajam-diplomasi-ekonomi/