28 Juni 2018 By Publikasi IIS

Focus Group Discussion (FGD) IIS-Kementrian PPN/Bappenas: Perumusan Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2020 – 2024

Focus Group Discussion (FGD) IIS-Kementrian PPN/Bappenas: Perumusan Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2020 – 2024

Institute of International Studies, Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada (IIS-UGM) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyelenggarakan Focus Group Discussion bertema Penyusunan Background Study Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Bidang Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembngunan Internasional Tahun 2020-2024 di Ruang Sidang Dekanat, FISIPOL UGM (25/6).

Forum ini dihadiri oleh praktisi-praktisi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia serta PPN/Bappenas serta secara khusus menghadirkan enam narasumber dari Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada.

“Dengan FGD ini, kami berharap mendapatkan masukkan dari akademisi untuk background study RPJMN tahun 2020-2024,” ujar Dewo Broto Joko Putranto, SH, LLM, Direktur Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Internasional Kementerian PPN/Bappenas.

Forum diskusi ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama menghadirkan tiga pakar, yakni Dr. Siti Muti’ah Setiawati dengan topik Politik dan Kebijakan Luar Negeri Republik Indonesia:  Evaluasi dan Tinjauan Kritis; Dr. Riza Noer Arfani membahas Diplomasi Ekonomi Republik Indonesia di Forum Internasional; serta Dr. Nur Rachmat Yuliantoro dengan bahasan Diplomasi di Kawasan: Kepemimpinan Indonesia di Asia Timur dan Pasifik?

Dalam sesi kedua, Yunizar Adiputera, MA membahas Diplomasi Kemanusiaan Republik Indonesia; Dr. Dafri Agussalim mendiskusikan Multi-track Diplomacy Republik Indonesia” dan Dr. Dedy Permadi dengan topik bahasan Masa Depan Diplomasi Siber Republik Indonesia.

Seluruh sesi diselenggarakan dengan prinsip Chatham House Rules.


Penulis: Sonya Teresa
Penyunting: Imas Indra Hapsari