22 Oktober 2018 By admin hi

‘ASEAN dan Indo-Pasifik’ oleh Dr. Dafri Agussalim

‘ASEAN dan Indo-Pasifik’ oleh Dr. Dafri Agussalim

Diskusi bulanan Departemen HI kembali diselenggarakan dengan mengundang Dr. Dafri Agussalim sebagai pembicara. Sebagai ahli dalam isu mengenai ASEAN, Dr Dafri Agussalim membahas mengenai salah satu wacana yang sedang hangat di bicarakan di tingkat ASEAN yaitu mengenai wacana munculnya regionalisme Indo-Pasifik.

Menurut Dr. Dafri, wacana ini menjadi unik dan penting karena munculnya identitas Indo-Pasifik tidak melibatkan negara-negara di ASEAN atau Pasifik lainnya. Melainkan diisi oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, India, dan Jepang, dan Australia. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi Indonesia, maupun ASEAN sebagai organisasi yang berada di kawasan Asia-Pasifik, yang kemudian menjadi pertanyaan terbesar terhadap sentralitas ASEAN di kawasan tersebut apabila Indo-Pasifik ini benar-benar terealisasi.

Memunculkan common concern mengenai agresifitas kekuatan Cina di Asia disebut sebagai salah satu penyebab utama munculnya wacana ini, dengan India muncul sebagai inisiator yang paling aktif untuk merealisasikan regionalisme Indo-Pasifik. Namun pada akhirnya banyak yang memprediksikan bahwa organisasi juga akan berakhir sebagai wacana saja, karena berbagai hal, misalnya adalah ketidakseriusan Amerika Serikat mengenai pembentukan organisasi, tantangan tumpang tindih peran dengan ASEAN, dan peta hubungan antarnegara inisiator yang berubah sejak Cina menjadi salah negara yang kuat di bidang ekonomi dan perdagangan.

Sebagai penutup, Dr Dafri memunculkan pertanyaan “Apabila regionalisme ini benar-benar akan terbentuk bagaimana reaksi Indonesia dan ASEAN?”.

__________

Penulis: Arlitadian Pratama

Editor: Novi Dwi Asrianti