04 Mei 2017 By admin hi

Training in Ethnography: Placing Subjects Upfront and Center in Qualitative Research

Training in Ethnography: Placing Subjects Upfront and Center in Qualitative Research

IIS UGM bersama dengan Rebecca Meckelburg (kandidat Ph.D., Murdoch University) akan mengadakan dua hari pelatihan (18-19 Mei 2017) studi etnografi yang bertujuan untuk menelaah kembali penggunaan studi etnografi sebagai metode utama maupun tambahan dalam penelitian ilmu sosial.

Studi etnografi secara historis berhubungan dengan ranah antropologi terlepas dari begitu luas pemakaiannya di beragam spektrum disiplin ilmu sosial. Riset akademis yang menggunakan metode kualitatif, khususnya yang terikat dengan studi etnografi, telah secara signifikan berkontribusi terhadap perkembangan teori dan pengetahuan empiris dalam ilmu sosial.

Di kisaran tahun 1960 dan 1970-an, ilmuwan sosial dari berbagai disiplin membuka diri pada penggunaan studi etnografi untuk mengungkap dinamika sosial, ekonomi, dan politik dari isu gender, ras, dan kelas. Sedangkan di masa sekarang, ilmuwan sosial telah memperbarui diskusi mengenai peran studi etnografi yang secara kritis menjelajahi interaksi dinamis antara faktor stuktural dan agensi yang mendukung proses perubahan sosial dan politik.

Tujuan Pelatihan

  • mengembangkan pengetahuan tentang menulis pertanyaan penelitian atau hipotesis
  • mengembangkan pengetahuan tentang bagaimana memilih subjek penelitian
  • mengembangkan pengetahuan tentang menyusun program penelitian dan menyiapkan fieldwork etnografis
  • memperkenalkan konsep membangun relasi demi suksesnya fieldwork

Pendaftaran

Silakan unduh dokumen formulir pendaftaran pada tautan di bawah dan kirimkan kembali formulir yang telah terisi ke email publication.iis@ugm.ac.id paling lambat tanggal 14 Mei 2017 pukul 23.59 WIB. Karena kuota terbatas, penyelenggara akan melakukan seleksi apabila jumlah peserta melebihi kuota. Pengumuman akan langsung dikirimkan penyelenggara ke email masing-masing pendaftar pada 16 Mei 2017.

Formulir Pendaftaran