06 Maret 2018 By Publikasi IIS

[SERI DISKUSI BULANAN IIS] Menggugat Rezim Tata Kelola Air di Jakarta: Studi tentang Perlawanan atas Hegemoni Privatisasi Air Global

[SERI DISKUSI BULANAN IIS] Menggugat Rezim Tata Kelola Air di Jakarta: Studi tentang Perlawanan atas Hegemoni Privatisasi Air Global

Privatisasi terhadap pengelolaan air bersih di Jakarta oleh PAM Jaya kepada dua perusahaan multinasional pada 1997 dianggap sebagai keputusan inkonstitusional yang juga tidak menyelesaikan masalah ketimpangan akses air bersih kepada seluruh warga DKI Jakarta. Koalisi Masyarakat Melawan Swastanisasi Air di Jakarta muncul sebagai gerakan akar rumput oposisi yang menuntut dikembalikannya pengelolaan air bersih kepada Negara (remunicipalisation). Hingga akhirnya gerakan ini membuahkan keputusan Mahkamah Agung untuk membatalkan kebijakan privatisasi tersebut. Mengapa remunicipalisation muncul sebagai narasi tandingan terhadap rezim air yang dominan di Jakarta?

Mari berdiskusi dalam seri diskusi bulanan IIS bertajuk “Menggugat Rezim Tata Kelola Air di Jakarta: Studi tentang Perlawanan atas Hegemoni Privatisasi Air Global” bersama Marwa, S.I.P. (Alumni Ilmu Hubungan Internasional UGM). Tadzkia Nurhsafira, S.I.P. (PoHA IIS UGM) juga akan bergabung dalam diskusi dengan membahas isu tata kelola air di Yogyakarta.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada Jumat, 9 Maret 2018 pukul 14.00 – 16.00 WIB di Ruang Rapat IIS (BA 503), FISIPOL UGM.

Daftarkan diri Anda melalui tautan: ugm.id/DiskusiIISMaret