17 November 2017 By Publikasi IIS

[IIS-DIHI UGM Workshop] Changing the Game: Workshop on Geospatial Technology for Social and Political Research

[IIS-DIHI UGM Workshop] Changing the Game: Workshop on Geospatial Technology for Social and Political Research

Institute of International Studies (IIS), Departemen Ilmu Hubungan Internasional UGM bekerjasama dengan Environmental Systems Research Institute (ESRI) Indonesia akan mengadakan workshop bertajuk “Changing the Game: Workshop on Geospatial Technology for Social and Political Research”. Workshop ini akan diadakan pada:

Hari, tanggal     : Senin s.d. Selasa, 27 s.d. 28 November 2017

Waktu                 : Pukul 12.30 s.d. 17.30 WIB

Tempat               : Ruang BA 504 Gdg BA, Lt. 5 FISIPOL Universitas Gadjah Mada

Geospatial Technology merupakan seperangkat teknologi yang bertujuan mentransformasikan cara berpikir manusia ke dalam sistem dimensi keruangan (spasial). Komponen utamanya, Geographical Information System (GIS), mampu memetakan berbagai data, menganalisis pola keterkaitan antar data, hingga kemampuan menemukan wilayah potensial dalam masyarakat sesuai dengan kriteria yang diinginkan serta keakurasian tinggi secara ruang dan waktu.

Dalam riset sosial politik, geospatial technology dapat dimanfaatkan untuk menganalisa keterkaitan informasi dan data yang bersifat keruangan dengan hipotesis penelitian. Hal tersebut dapat dipergunakan untuk membantu proses perumusan kebijakan publik, strategi pemasaran, pemetaan asistensi kemanusiaan, dan aktivitas lainnya agar lebih efektif dan tepat sasaran.

Tujuan

Memahami penggunaan perangkat ArcGIS yang merupakan software produksi ESRI untuk mengetahui, menemukan, menggunakan, dan menyebarluaskan peta dan informasi spasial dalam sebuah lingkup kerja, dimanapun dan kapanpun.

Fasilitas

  1. Lisensi untuk penggunaan ArcGIS Desktop (ArcGIS Pro dan ArcMap) dan ArcGIS Online
  2. Handout
  3. Sertifikat
  4. Makan Siang

Pendaftaran

  1. Pendaftaran hanya dibuka kepada civitas akademika dari fakultas-fakultas klaster sosio-humaniora di Universitas Gadjah Mada. Termasuk di dalamnya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi, Fakultas Filsafat, dan Sekolah Pascasarjana.
  2. Silakan unduh dokumen formulir pendaftaran beserta abstraksi pada tautan di bawah dan kirimkan kembali formulir pendaftaran yang telah terisi ke email publication.iis@ugm.ac.id dengan subyek “PENDAFTARAN WORKSHOP GEOSPATIAL” paling lambat tanggal 23 November 2017 pukul 16.00 WIB. Karena kuota terbatas, penyelenggara akan melakukan seleksi apabila jumlah peserta melebihi kuota. Pengumuman akan langsung dikirimkan penyelenggara ke email masing-masing pendaftar pada 24 Mei 2017.

 

Formulir Pendaftaran